Otomotif

Kenali 9 Piranti Keselamatan pada Toyota Avanza

Penulis: Dionisio Damara
Tanggal: 29 Agustus 2021 - 07:57 WIB
Toyota Avanza Veloz. Penjualan ritel Avanza pada Agustus masih terhitung baik di angka 2.231 unit. - BISNIS.COM

Harianjogja.com, JAKARTA – Mengemudi di jalan raya memang penuh dinamika. Itu sebabnya penting bagi pengemudi untuk senantiasa mengedepankan keselamatan mengemudi.

Dikutip dari Auto2000, Sabtu (28/8/2021), kecelakaan yang melibatkan Toyota Avanza cukup jamak terjadi. Oleh sebab itu, Toyota membekali Avanza sejumlah fitur keselamatan agar meminimalkan kerusakan dan cedera.

Sebagai informasi, Avanza adalah model terlaris Toyota pada Juli 2021. Adapun, pendatang baru Toyota Raize bercokol di peringkat ketiga.

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa Avanza menjadi kontributor terbesar pada Juli 2021, dengan raihan penjualan sekitar 4.500 unit, diikuti Rush 4.100-an unit, dan Raize 2.800-an unit.

Toyota Avanza, yang pada tahun ini menginjak usia ke-17, tercatat telah meraih penjualan pabrik ke dealer atau wholesales sebanyak 1.869.588 juta unit per Juli 2021. Sementara itu, penjualan ritelnya tembus 1.882.682 unit.

Berikut adalah deretan fitur keselamatan pada Toyota Avanza:

ABS

Teknologi ABS yang telah tersemat pada sistem pengereman Avanza siap memberikan perlindungan dan keselamatan. Fitur ini akan meminimalisir kejadian terkuncinya rem saat mobil harus mengerem mendadak. 

EBD

Teknologi ini juga terdapat pada sistem pengereman Avanza. Tugas electronic brake distribution (EBD) mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya.

Fitur ini cukup penting, sebab dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan yang berbeda-beda ketika mengerem. EBD bekerja dengan melihat beban yang diemban oleh masing-masing roda. 

Side impact beam

Fitur keselamatan ini berupa palang besi kuat untuk menahan benturan dari arah samping yang diletakan di keempat pintu Avanza. Pemilik mobil ini tidak bisa melihatnya secara langsung kecuali membongkar bagian pintu.

Fitur ini sangat berguna ketika Avanza tabrakan dari samping. Dengan adanya palang besi tersebut maka energi benturan akan terserap cukup banyak dan tidak sampai menjalar ke penumpang. 

Isofix

Isofix merupakan standar internasional untuk sabuk keselamatan khusus anak. Meski Avanza merupakan mobil yang tergolong ekonomis, ternyata fitur Isofix telah hadir di bangkunya. 

Sabuk pengaman tiga titik

Menarik untuk mengamti fitur keselamatan satu ini. Sebab seat belt yang ada di semua kursi Avanza sudah mengusung tipe tiga titik. Artinya, ada 7 buah sabuk pengaman yang terletak di setiap bangku mulai dari bangku baris pertama hingga baris ketiga pada semua tipenya. 

Center head rest

Bukan cuma dilengkapi headrest adjustable di bangku bagian depan, tetapi di kabin Avanza, khususnya pada jok tengah terletak di baris kedua terdapat center headrest. Fitur ini berguna untuk mencegah atau mengurangi cedera pada tulang leher. 

Sensor parkir

Sebagai mobil modern, Avanza sarat akan fitur keselamatan berteknologi kekinian. Salah satunya adalah sensor parkir yang akan memberikan peringatan jika objek belakang mobil sudah dekat dengan tembok atau objek lainnya. 

Dual airbags

Inilah salah satu penunjang keselamatan yang cukup esensial pada Toyota Avanza. Perusahaan telah memberikan dua kantung udara di bagian depan yang akan mengembang secara otomatis saat terjadi Avanza tabrakan. 

Pretensioner & Force limiter

Sabuk keselamatan Avanza tak sekedar "mengikat" tubuh penumpang dan memberi keselamatan saat Avanza tabrakan. Sebab, fitur ini akan otomatis menahan daya dorong akibat benturan. Dengan demikian tubuh penumpang tak bergerak jauh dari sandaran jok.

Pretensioner sendiri merupakan sistem yang akan menahan gaya dorong penumpang dengan segera menarik seatbelt saat terjadi tabrakan. Adapun, force limiter akan mengontrol beban dari sabuk pengaman untuk mengurangi dampak terhadap dada penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Berita Terkait

Tampil Sporty, Ini Spesifikasi Terbaru New Rush GR Sport
Oleng, Mobil Tabrak Trotoar hingga Seruduk Motor di Ring Road Utara, 1 Orang Luka-Luka
Toyota Jepang Bakal Rilis 30 Mobil Listrik secara Global hingga 2030
Tren Penjualan Mobil Turun, Pangsa Pasar ASII Justru Bertambah

Video Terbaru

Berita Lainnya

  1. Timnas Indonesia Ukir Dua Memori Indah di Stadion Abdullah bin Khalifa Qatar
  2. Tampil Gemilang, Ernando Dianggap Kerasukan Kiper Real Madrid Andriy Lunin
  3. From Zero to Hero, Ini Profil Komang Teguh Pahlawan Kemenangan Garuda Muda
  4. Talkshow Spesial Hari Kartini: Kembangkan Skill untuk Hadapi Ragam Tantangan

Berita Terbaru Lainnya

Tips Nyaman dan Aman saat Perjalanan Arus Balik
Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

Ototekno | 1 week ago
Mengintip Jenis Mobil Mewah Sandra Dewi yang Harganya Mahal Semua
Tampil Sporty, Ini Spesifikasi Terbaru New Rush GR Sport
Bolehkah Motor Kredit Belum Lunas Digadaikan atau Dipindahtangankan? Begini Penjelasannya
UMKM Otomotif Lokal Dapat Beradaptasi dengan Tren EV
Launching New Honda Stylo 160, Honda Istimewa Gandeng Brand Fashion Lokal
Toyota Jepang Bakal Rilis 30 Mobil Listrik secara Global hingga 2030
Matik 160cc Jadi Premium Fashionable Pertama di Indonesia Resmi Hadir Lebih Dekat di Jogja, Kedu, dan Banyumas
Bawa Mobil Listrik saat Mudik? Tenang Ini Daftar 21 Lokasi SPKLU di Sepanjang Tol Trans Jawa