Advertisement

Produsen Mobil Listrik Rivian PHK 840 Karyawan, Ini Penyebabnya

Asahi Asry Larasati
Jum'at, 03 Februari 2023 - 07:17 WIB
Sunartono
Produsen Mobil Listrik Rivian PHK 840 Karyawan, Ini Penyebabnya Tesla Model 2. - electricvehicleweb.in

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Produsen mobil listrik Rivian Automotive melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 6 persen atau sekitar 840 orang dari total jumlah karyawannya.

Keputusan ini dilakukan untuk memangkas biaya setelah mempertimbangkan pendapatan perusahaan yang terus bersaing dengan kompetitor.

Advertisement

Dilansir dari Reuters pada Kamis (2/2/2023), Chief Executive Officer (CEO) Rivian R.J. Scaringe mengatakan dalam email kepada karyawan bahwa Rivian akan memfokuskan tenaga kerja yang ada untuk meningkatkan jumlah produksi kendaraan dan mencapai profitabilitas. 

BACA JUGA : Pemkab Diminta Pakai Mobil Listrik, Bantul Kesulitan Anggaran

"Kita harus memfokuskan sumber daya kita pada peningkatan dan jalan kita menuju profitabilitas" kata Scaringe.

Dia juga meminta maaf kepada seluruh karyawan yang terkena dampak PHK. Meski demikian, juru bicara Rivian tidak memberi komentar lebih lanjut terkait email tersebut.

PHK di perusahaan ini terjadi di tengah penurunan penjualan mobil listrik, yang dipicu oleh pemangkasan harga yang dilakukan oleh Tesla dan Ford Motor Co.

Pemotongan harga oleh Tesla dan Ford diperkirakan akan merugikan perusahaan-perusahaan rintisan mobil listrik seperti Rivian, Lucid Group dan Arrival, yang mengatakan akan memberhentikan separuh dari jumlah karyawannya.

Meskipun penawaran umum perdana (IPO) sukses pada November 2021, saham Rivian telah turun hampir 90 persen dari level tertingginya hingga penutupan hari Selasa.

BACA JUGA : Pemerintah Pastikan Beri Subsidi Mobil Listrik Rp80 Juta

Analis CFRA Research Garrett Nelson mengatakan Rivian telah kehilangan banyak uang  dan ingin tumbuh pada tingkat yang jauh lebih cepat, tetapi perusahaan terus memacu peningkatan produksi mobil listrik sehingga tidak dapat menurunkan biaya unit secara signifikan.

Setelah adanya pemangkasan tersebut, kedepannya Rivian berfokus pada peningkatan produksi truk R1 dan van pengiriman EDV. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement