Advertisement

Deretan Aplikasi Ini Akan Mendukung Puasa Ramadan dan Ibadah Harian Anda

Akhmad Ludiyanto
Jum'at, 24 Maret 2023 - 11:27 WIB
Jumali
Deretan Aplikasi Ini Akan Mendukung Puasa Ramadan dan Ibadah Harian Anda Ilustrasi lampu dekorasi Ramadan. - Istockphoto\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Untuk mengakhiri waktu berpuasa ditandai dengan berbuka. Dan untuk berbuka ini kita harus sudah benar-benar mamasuki waktunya.

BACA JUGA: Ini Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Bulan Puasa

Advertisement

Tapi kadang kita tidak tahu atau tidak hafal waktu berbuka tersebut, apalagi saat kita berada di luar kota. Nah, untuk memudahkan kita dalam mengetahui waktu berbuka yang bertepatan dengan waktu salat Magrib tersebut, berikut beberapa aplikasi yang berisi penanda masuknya waktu berbuka.

Tapi selain berisi waktu salat, aplikasi di ponsel ini juga berisi informasi hingga sistensi untuk kita dalam menjalankan ibadah harian. Simak beberapa aplikasi tersebut.

Muslim Go

Dalam keterangannya, Muslim Go memiliki lebih dari 15 fitur berbeda untuk membantu Anda dalam mengerjakan ibadah harian. Di antaranya, jadwal waktu shalat yang dapat diatur secara manual dan otomatis menyesuaikan lokasi pemakai.

Azan yang akan selalu muncul setiap kali waktu shalat tiba dengan notifikasi suara adzan.

Kompas kiblat yang dapat menunjukkan arah kiblat dengan akurat di manapun lokasi Anda. Aplikasi lainnya adalah lokasi retoran halal yang akan memberikan informasi mengenai lokasi restoran halal yang terdekat dari posisi Anda.

Al Quran Indonesia

Selain berisi Al-Qur’an lengkap dengan huruf latin dan terjemah, aplikasi ini juga berisi banyak fitur di antaranya menyalin ayat-ayat Al-Qur’an, bagikan ayat-ayat Al-Qur’an, dan bookmark ayat-ayat Al-Qur’an.

Ada juga penanda bacaan terakhir, tajwid berwarna, backup-restore bookmark dan penanda bacaan terakhir ke Cloud, melihat kata per kata terjemahan berdasarkan Arabic-nya ke Bahasa Indonesia. Tersedia juga audio mp3 murattal 30 Juz, terdapat 8 pilihan qori.

Nah, berkait dengan puasa, aplikasi ini juga memuat informasi jadwal salat dan imsakiyah termasuk alarm azan, arah kiblat, kalender hijriah.

Kalender Puasa

Kalender Puasa berisi beragam puasa sunnah. Mulai dari puasa Senin-Kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Arafah, jadwal bulan Ramadhan, jadwal puasa idul adha, jadwal puasa rajab, tanggalan puasa, jadwal puasa ayyamul bidh, jadwal puasa sunnah, dan puasa lainnya di bulan puasa

Keseluruhan pelaksanaan puasa sunnah tersebut dicontohkan Rasulullah SAW tersebut dengan menggunakan sistem penanggalan kalender Hijriah atau sistem penanggalan Islam yang dibuat berdasarkan revolusi bulan terhadap bumi dan matahari.

Adapun jadwal lengkap kalender puasa sunnah, kalender puasa lengkap selama setahun penuh di tahun 2023 dapat disimak lengkap pada tanggalan puasa aplikasi Kalender Puasa ini.

Sahabat Puasa-Jadwal Puasa

Saat melaksanakan puasa, bisa saja kita terkena penyakit atau dalam perjalanan sehingga terpaksa membatalkan puasa. Puasa yang telah dibatalkan dengan alasan sakit, sedang dalam perjalanan, ataupun dalam kondisi haid dan nifas wajib untuk diganti atau Qada.

Sayangnya tak jarang kita lupa berapa jumlah hari puasa yang harus dan telah diganti. Aplikasi Sahabat Puasa menawarkan kemudahan dalam mengelola jadwal puasa kita.

Di antaranya agar kita, tidak lupa mengganti puasa Ramadan, ingat melakukan puasa di hari esok, dapat merencanakan ibadah puasa, mengetahui puasa-puasa sunnah pada setiap bulan, mengetahui progres pelaksanaan ibadah puasa, mengetahui tanggal haram berpuasa, dan lain-lain.

Jadwal Imsakiyah 2023 M 1444 H

Jadwal Imsakiyah 2023 M 1444 H adalah aplikasi yang berisi jadwal puasa Ramadan 2023 seluruh kabupaten dan Kota di Indonesia.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur panduan puasa Ramadan dan dilengkapi dengan doa-doa serta amalan di bulan Ramadhan dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement