Advertisement

Tips Aman Saat Parkir Mobil sacara Pararel

Abdul Hamied Razak
Jum'at, 19 Mei 2023 - 09:37 WIB
Abdul Hamied Razak
Tips Aman Saat Parkir Mobil sacara Pararel Ilustrasi: parkir kendaraan secara pararel (ANTARA - Suzuki)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA— Saat hendak memarkir mobil teradang membuat sebagian pengendara merasa jengkel saat melihat kondisi dan keadaan yang sulit untuk memarkir dalam keadaan pararel.

Dikutip dari laman resmi Suzuki Jumat (19/5/2023), ada beberapa tips yang bisa digunakan ketika pengemudi diharuskan melakukan parkir secara pararel. Hal ini memang membutuhkan teknik tersendiri, jarak mobil di depan dan belakang biasanya cukup berdekatan sehingga membuat parkir jenis ini lebih sulit dibandingkan parkir jenis lainnya.

Advertisement

BACA JUGA: Ini Dia 14 Lokasi Parkir di Jogja saat Libur Lebaran

Untuk menambah kemudahan dalam melakukan parkir secara pararel, pengendara dapat memanfaatkan teknolog atau fitur sensor parkir sudah banyak tersemat di berbagai kendaraan termasuk Suzuki.

Seperti yang dianjurkan oleh Rio Octaviano, Ketua Indonesia Parking Association (IPA), terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat melakukan parkir mobil secara paralel.

Pastikan lokasi parkir
Saat sedang mencari tempat parkir, pengendara diwajibkan harus memastikan bahwa lokasi tersebut memang diharuskan untuk parkir paralel. Biasanya, terdapat marka khusus parkir paralel yang telah disediakan oleh pemilik tempat.

Saat mulai memarkir mobil secara paralel, pastikan pengendara tahu posisi mobilnya dengan baik. Periksa jarak mobil Anda dari kendaraan di depan dan di belakang, serta pastikan mobil Anda sejajar dengan mobil yang terparkir di samping.

Untuk memberikan penanda bagi pengendara mobil lainnya, Anda bisa menyalakan lampu sign yang menandakan bahwa sedang parkir. Hal ini dilakukan agar pengendara mobil lain dapat menunggu dan tidak tergesa-gesa saat mobil di depannya sedang dalam posisi bermanuver untuk parkir.

Masuk dengan mundur terlebih dahulu
Parkir paralel akan menjadi lebih mudah dan cepat jika dilakukan dengan kondisi memundurkan mobil dan memasukkan bagian buritan terlebih dahulu ke ruang parkir paralel yang tersedia.

Apabila Anda memulai masuk parkir dengan posisi bagian depan terlebih dahulu maka diperlukan manuver dan waktu yang lebih lama hingga menyelesaikan parkir dengan rapih.

Gunakan teknik angka 8
Menggunakan teknik angka delapan, diyakini dapat membantu memarkir mobil secara paralel dengan mudah. Mulai dari posisi awal yang sejajar dengan mobil di samping, lalu putar kemudi ke arah kiri atau kanan tergantung dari lokasi parkir paralel dan kemudian berjalan mundur hingga sudut belakang mobil Anda mencapai sudut parkir.

Kemudian, putar balik kemudi ke arah berlawanan dan maju perlahan hingga mobil Anda berada sejajar di tempat parkir paralel.

Perhatikan saat menginjak rem dan gas
Dikarenakan tempat parkir yang tidak terlalu luas, maka pengendara mobil Suzuki harus lebih berhati-hati dalam menginjak pedal rem dan gas. Hindari menginjak pedal gas terlalu dalam agar pergerakan mobil tidak agresif.

Pengendara harus bisa mengendalikan pedal rem dan pedal gas secara seimbang, karena jika tidak bisa seimbang, dikhawatirkan akan menyenggol mobil lainnya. Selain itu, manfaatkan spion mobil kiri dan kanan untuk mengetahui secara pasti mengenai area parkir dengan tepat.

Rem tangan jika perlu
Untuk parkir paralel, perlu diperhatikan apakah perlu menarik rem tangan atau tidak, hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi sekitar, kontur jalan atau dapat ditanyakan kepada petugas parkir setempat.

Untuk tuas transmisi otomatis, jika kesulitan saat posisi parkir paralel dengan posisi tuas di N dapat melihat pada buku petunjuk pengguna kendaraan Suzuki.

Sering berlatih
Semakin sering Anda memarkir mobil secara paralel, semakin mudah pula Anda melakukannya. Latihan yang rutin bisa membantu Anda memperbaiki teknik dan menjadi lebih percaya diri saat memarkir mobil secara paralel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement