Advertisement

OpenAI akan Keluar Eropa, Jika Aturan Terlalu Ketat

Newswire
Jum'at, 26 Mei 2023 - 07:47 WIB
Jumali
OpenAI akan Keluar Eropa, Jika Aturan Terlalu Ketat Cara menggunakan chatGPT/tangkapan layar - Bisnis/Novita S. Simamora

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—CEO OpenAI Sam Altman mempertimbangkan kemungkinan mereka keluar dari Eropa jika regulasi kecerdasan buatan di kawasan tersebut terlalu ketat.

BACA JUGA: Bos OpenAI Pertimbangkan Buka Kantor di Jepang

Advertisement

OpenAI, penyedia ChatGPT, akan berusaha mematuhi regulasi yang berlaku di Eropa ketika aturan sudah diterapkan, seperti diberitakan laman Time dan Reuters, Kamis. Eropa sedang merancang regulasi untuk artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan, yang akan menjadi aturan pertama di dunia soal teknologi tersebut.

"Jika kami bisa mematuhi, kami akan patuhi. Jika tidak bisa, kami akan berhenti beroperasi. Kami akan mencoba, tapi, ada keterbatasan teknis soal apa yang mungkin dilakukan," kata Altman dalam sebuah acara di University College London.

OpenAI, kata Altman, sudah menyampaikan kritik mereka soal rancangan undan-undang AI Eropa, khususnya penyebutan teknologi AI generatif yang dimasukkan kategori "risiko tinggi" dalam RUU AI itu. Dalam RUU AI Eropa, perusahaan yang menyediakan teknologi "risiko tinggi" haru mematuhi persyaratan tambahan tentang keamanan.

"Draf RUU AI Eroa yang ada saat ini terlalu ketat, tapi, yang kami dengar, RUU itu akan ditarik. Mereka masih membahasnya," kata Altman kepada Reuters.

OpenAI berargumen sistem mereka secara umum tidak berisiko tinggi.

Meski mengkritik, Altman tidak berpendapat bahwa RUU itu sama sekali tidak baik. Dia juga mengkhawatirkan berbagai risiko yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan AI generatif, misalnya disinformasi menjelang Pemilu Amerika Serikat 2024.

Dia menilai langkah yang dilakukan oleh platform media sosial lebih penting dibandingkan AI. Jika hoaks yang dihasilkan AI generatif tidak disebarkan, masalah tidak begitu besar, menurut Altman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement