Advertisement

China Luncurkan 26 Satelit ke Luar Angkasa

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 11 Juni 2023 - 12:37 WIB
Sunartono
China Luncurkan 26 Satelit ke Luar Angkasa Ilustrasi peluncuran satelit China - twitter

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Roket bahan bakar padat Lijian-1 China diluncurkan pada hari Rabu (7/6/2023) lalu dengan membawa 26 satelit ke orbit, menjadikan rekor terbanyak untuk negara tersebut.

Merupakan penerbangan kedua dari roket Lijian-1, yang merupakan kendaraan peluncuran propelan padat operasional terbesar di China. Misi perdananya diluncurkan pada Juli 2022. Peluncuran hari Rabu terjadi pada pukul 12:10 EDT (0410 GMT; 12:10 waktu Beijing), dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di China barat laut, menurut rilis media pemerintah China.

Advertisement

Sebanyak 26 satelit yang ditempatkan di fairing Lijian-1 diluncurkan ke orbit rendah Bumi, di mana mereka terutama akan melayani "verifikasi teknologi dan layanan informasi penginderaan jauh komersial."

BACA JUGA : Jatuh Menghantam Bumi, Roket China Terbakar di Samudra

Lijian-1 adalah roket berbahan bakar padat empat tahap dengan tinggi 98 kaki (30 meter) dan mampu menghasilkan daya dorong 400.000 pound (181.437 kilogram) saat lepas landas. Ini dikembangkan oleh Guangzhou Zhongke Aerospace Exploration Technology (CAS Space), sebuah perusahaan ruang angkasa komersial yang sebagian dimiliki oleh Chinese Academy of Sciences.

Pada peluncuran debutnya tahun lalu, Lijian-1 membawa enam satelit ke orbit. Misi hari Rabu menampilkan massa muatan total hampir tiga kali lipat dari misi Lijian-1 pertama.

China juga baru-baru ini mengembalikan awak astronot Shenzhou 15 dengan selamat ke Bumi setelah enam bulan berada di stasiun luar angkasa Tiangong negara itu.

Astronot Shenzhou 16 diluncurkan seminggu sebelum keberangkatan itu, membawa astronot Jing Haipeng, Zhu Yangzhu dan Gui Haichao ke Tiangong untuk tinggal selama enam bulan.

Perusahaan pengorbit

Peluncuran 26 satelit itu dilakukan oleh sebuah perusahaan peluncuran komersial China CAS Space. 26 muatan di pesawat melampaui rekor nasional sebelumnya dari 22 satelit yang diluncurkan oleh roket Long March 8 yang jauh lebih besar pada Februari 2022.

Satelit seri Shiyan sering diklasifikasikan dan dipahami digunakan untuk menguji teknologi dan muatan baru untuk sistem ruang angkasa China. Ini biasanya dikembangkan dan diluncurkan oleh CASC, kontraktor luar angkasa utama milik negara China.

Peluncuran pada 7 Juni itu, CAS Space diberikan kontrak untuk peluncuran nasional dan pertahanan, sedangkan sebagian besar peluncuran komersial China membawa muatan komersial.

BACA JUGA : Sampah Antariksa Roket China Seberat 20 Ton Jatuh

Muatan lain yang diketahui ada dalam penerbangan termasuk Xi'an Hangtou-8 untuk Xi'an Aerospace Investment, dan Xingshidai-16 dan Tianyi-26 untuk perusahaan satelit komersial ADA Space dan Spacety. Juga ada Fucheng-1, satelit penginderaan jauh radar aperture sintetis pencitraan interferometrik (SAR) untuk enam satelit konstelasi Mianyang.

CAS Space, terkadang disebut sebagai Zhongke Aerospace, adalah spin-off komersial dari Chinese Academy of Sciences (CAS). Perusahaan memiliki rencana untuk serangkaian roket propelan cair padat dan dapat digunakan kembali untuk layanan peluncuran dan wisata luar angkasa.

Perusahaan mengumumkan pada bulan April bahwa mereka telah mendapatkan $87 juta dalam pendanaan putaran C. Pendukung utama adalah kendaraan investasi yang terkait dengan CAS.

Roket Lijian-1, memiliki berat lepas landas 135 ton, panjang total 30 meter, diameter tahap inti 2,65 meter, diameter fairing 2,65 meter dan dapat membawa 1.500 kilogram muatan ke orbit sinkron matahari 500 kilometer, menurut Chinese Academy of Sciences.

Sebuah presentasi baru-baru ini mengungkapkan bahwa Lijian-1 menggunakan motor roket padat SP70 dari CASC.

Roket Lijian-1 kedua, juga dikenal sebagai ZK-1A atau Kinetica-1, adalah yang pertama diproduksi di fasilitas baru di Distrik Nansha di selatan kota Guangzhou. Shikong Tansuo, cabang luar angkasa dari pembuat mobil Geely Technology Group, juga telah menetap di Nansha, menyusul langkah tahun 2021 oleh pemerintah daerah untuk menarik perusahaan luar angkasa di semua tahap rantai pasokan ke daerah tersebut.

Lijian-1 sempat menjadi kendaraan peluncuran padat operasional terbesar di China hingga peluncuran laut Jielong-3 pada Desember tahun lalu. CAS awal tahun ini menguji pendaratan roket vertikal dengan prototipe bertenaga jet sebagai bagian dari upaya mengembangkan roket yang dapat digunakan kembali.

Peluncuran tersebut merupakan misi orbit ke-22 China secara keseluruhan pada tahun 2023. CASC merencanakan lebih dari 60 peluncuran tahun ini, sementara pelaku komersial dapat menambah 20 misi orbit atau lebih, menurut rencana yang diumumkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement