Advertisement

Cepat dan Gampang! Ini Cara Atasi HP Lemot

ST22
Rabu, 28 Juni 2023 - 15:17 WIB
Jumali
Cepat dan Gampang! Ini Cara Atasi HP Lemot Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Semakin lama digunakan foto, video, file atau dokumen, aplikasi, dan lainnya semakin memenuhi memori HP terutama Android berimbas pada performanya menurun dan jadi lemot.

BACA JUGA: Memori Besar, Tapi Ponselnya Lemot! Ini Cara Atasinya

Advertisement

Bahkan untuk sekadar mengetik pesan atau mengambil foto butuh waktu lebih lama karena selain lemot tak jarang pula HP tidak merespon.

Sejumlah faktor penyebabnya antara lain kapasitas Random Access Memory (RAM) atau memori internal HP yang penuh atau terlalu kecil, ukuran aplikasi dan data membutuhkan banyak ruang penyimpanan, dan membiarkan aplikasi berjalan terus menerus tanpa dimatikan.

Akibatnya kemudahan berkomunikasi pun jadi terhambat, menyisakan emosi sebab kondisi HP yang tak kunjung membaik.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar HP tidak lemot, cukup hanya dengan mengikuti langkah-langkah berikut.

1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak digunakan lagi

Aplikasi yang jarang digunakan maupun yang boros baterai akan memakai ruang penyimpanan HP, sebaiknya hapus aplikasi tersebut sehingga memori dapat terpakai untuk hal yang lebih berarti.

2. Kurangi atau hindari penggunaan widget pada homescreen

Meski widget memberi kesan menarik pada tampilan homescreen serta mempermudah akses untuk membuka aplikasi, nyatanya widget turut mengonsumsi RAM HP dalam jumlah yang cukup besar.

3. Rutin membersihkan cache data

Cache ialah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah digunakan, sehingga mempermudah pengguna untuk membuka aplikasi yang pernah dipakai sebelumnya.

Akan tetapi cache yang menumpuk membuat HP jadi lemot bahkan nge-hang. Membersihkannya secara rutin akan menjaga performa ponsel. Langkahnya masuk ke menu “Settings”, lalu ketuk “Apps” kemudian pilih aplikasi yang akan dibersihkan cache-nya dan ketuk “clear cache”.

4. Update Software ponsel ke versi terbaru

Saat notifikasi update software muncul pastikan untuk segera melakukan pembaharuan agar sistem lama yang tidak sempurna atau bermasalah berganti ke sistem lebih baru yang memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.

Cara untuk mengetahuinya ialah buka menu “Settings” lalu gulir ke bawah hingga menemukan pilihan “About” lalu tekan dan pastikan sistem yang terinstal menggunakan versi sistem terbaru, jika tidak maka segera update software HP Anda.

5. Factory reset HP secara berkala

Langkah lain untuk meningkatkan performa HP jika sudah terlampau lemot ialah dengan melakukan reset ponsel atau factory reset. Cara ini akan membersihkan data pada smartphone dan mengembalikannya ke setelan awal namun pastikan untuk memindahkan data penting Anda terlebih dahulu.

Caranya buka menu “Setting” – “General Management” – Tekan “Reset” – Tekan “Reset Device”. Lalu tunggu beberapa saat hingga muncul keterangan “Android Recovery” dan secara otomatis ponsel telah kembali ke setelan awal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement