Advertisement

Diklaim Lebih Keren dari Facebook, Telegram Segera Luncurkan Fitur Stories

Nabil Syarifudin Al Faruq
Rabu, 28 Juni 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Diklaim Lebih Keren dari Facebook, Telegram Segera Luncurkan Fitur Stories Ikon telegram / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Fitur Stories yang dipelopori oleh Snapchat pada 2013 kini ada di mana-mana. Terbaru, Telegram juga akan melakukan hal yang sama.

Dilansir dari GSMARENA, Rabu (28/6/2023) Telegram yang awalnya menolak untuk menaruh fitur stories pada aplikasinya, sekarang berubah pikiran.

Advertisement

Pendiri Telegram, Pavel Durov, telah mengumumkan bahwa fitur stories akan tersedia di platformnya mulai awal bulan depan. 

Durov mengatakan bahwa Telegram tidak akan langsung meniru fitur dari pesaingnya yakni Meta, tetapi melakukannya dengan "cara Telegram”.

Pengguna nantinya akan memilih siapa saja yang dapat melihat fitur stories yang dibagikan dengan pilihan semua orang, kontak dengan pengecualian, beberapa kontak tertentu, atau daftar teman dekat.

Fitur tersebut nantinya berada di bagian edit yang berada di atas daftar obrolan pengguna, dan mudah untuk menyembunyikan stories yang diposting oleh kontak mana pun.

Dalam fitur tersebut, pengguna juga bisa menggunakan caption, foto, dan video yang diambil oleh kamera depan dan belakang secara bersamaan. Fitur Stories akan kadaluarsa dalam 6, 12, 24, atau 48 jam, tergantung pilihan pengguna. 

BACA JUGA: Salat Iduladha 29 Juni 2023, Ini Daftar Tempat Penyelenggaraan versi Kemenag DIY

Pengguna juga dapat mengaturnya agar beberapa stories ditampilkan secara permanen di profil, dengan pengaturan privasi masing-masing. Disamping itu, pengguna nantinya juga dapat memposting ulang pesan dari channels ke Stories.

Durov mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pengujian internal terhadap fitur stories. Ada beberapa tim internal yang sebelumnya skeptis terhadap fitur ini namun kini mengapresiasi fitur tersebut. 

Menurut dia, tidak ada anggota tim yang dapat membayangkan Telegram tanpa fitur stories tersebut. Artinya fitur ini akan tetap ada setelah resmi diluncurkan.

Sebelumnya, Meta menerapkan fitur stories ke platform media sosial seperti Facebook, Facebook Messenger, Instagram, dan WhatsApp. (Sumber Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement