Advertisement

HP Cepat Panas? Ini 6 Cara Mengatasinya

ST22
Sabtu, 01 Juli 2023 - 16:27 WIB
Jumali
HP Cepat Panas? Ini 6 Cara Mengatasinya Ponsel pintar, aplikasi ponsel ilustrasi / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Baru digunakan untuk mengirim pesan atau teleponan sebentar tapi HP sudah sangat panas? Kondisi yang sering disebut overheat ini biasanya terjadi akibat menggunakan HP terus-menerus, terpapar sinar matahari langsung, hingga kerusakan pada baterai atau akibat perangkat lunak yang tidak berfungsi.

Setiap penyebabnya pun memiliki penanganan yang berbeda-beda dan berikut beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi HP cepat panas.

Advertisement

1. Jauhkan ponsel dengan gawai lain

Menumpuk ponsel, tablet, dan laptop terutama saat masih digunakan kemudian diletakkan dalam tas, justru membuat gawai lebih rentan mengalami panas berlebih. Selain itu berbagai gadget dapat mengeluarkan medan magnet yang akan memengaruhi kinerja komponen laptop

2. Lepaskan case HP

Case HP dapat menyebabkan insulasi atau penumpukan panas. Pastikan untuk melepas casing ponsel saat overheat hingga ponsel kembali dingin seperti semula, baru kemudian pasang kembali casing atau biarkan HP tanpa casing sementara waktu.

3. Gunakan charger asli

Penggunaan charger HP palsu atau non-bawaan secara berkelanjutan dapat membuat HP menjadi cepat panas, hal ini karena tegangan listrik yang masuk tidak stabil dan mengakibatkan komponen listrik pada perangkat terganggu. Maka pastikan untuk menggunakan charger asli guna menjaga kesehatan perangkat lebih lama.

4. Kurangi membuka banyak aplikasi secara bersamaan

Aplikasi yang dibuka secara bersamaan ternyata dapat membuat HP lebih cepat panas, karena aplikasi yang masih aktif turut mengonsumsi daya baterai pula. Pastikan untuk menutup aplikasi setelah selesai digunakan atau mengurangi penggunaan aplikasi secara bersamaan.

5. Instal aplikasi Antivirus dan aplikasi pendingin HP

Kerusakan akibat malware pada perangkat yang bisa didapat dari iklan berbahaya (malvertising) atau aplikasi palsu dari Google Play Store resmi menjadi faktor penyebab lain dari HP yang overheat. Mengunduh aplikasi antivirus dapat membantu melindungi ponsel dari permasalahan ini.

Dapat pula dibantu dengan mengunduh aplikasi pendingin HP, seperti CPU Cooler, Cooler Master, Cooling Master, dan sejenisnya. Dimana aplikasi ini akan memantau suhu HP secara real time yang akan memberi peringatan jika suhu terlalu panas dan pastikan untuk mengistirahatkan HP.

6. Jangan gunakan HP saat mengisi daya

Sama seperti manusia HP juga perlu waktu untuk istirahat, maka saat mengisi dayanya hentikan penggunaan ponsel hingga baterai terisi penuh atau setidaknya mencapai 80 hingga 90%. Sebab jika mengecas dan menggunakan HP bersamaan akan membuatnya lebih cepat panas, memperlambat pengisian daya, dan performa baterai maupun ponsel akan menurun lebih cepat bila dilakukan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement