Advertisement

Pengguna Twitter Mulai Beralih ke Media Sosial Truth Social Besutan Donald Trump

Taufan Bara Mukti
Selasa, 04 Juli 2023 - 10:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Pengguna Twitter Mulai Beralih ke Media Sosial Truth Social Besutan Donald Trump Media sosial Truth Social - Truth Social

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Pengguna Twitter ramai-ramai migrasi ke media sosial baru setelah platform ini membatasi aktivitas penggunanya. Salah satu pilihan media sosialnya adalah Truth Social.

Twitter menuai kecaman setelah menerapkan batasan baru untuk aktivitas penggunanya. Dituturkan Elon Musk, pemilik Twitter, akun yang terverifikasi dan berlangganan Twitter Blue hanya bisa membaca maksimal 6.000 cuitan.

Advertisement

Sementara akun yang tak terverifikasi dan tidak berlangganan Twitter Blue hanya bisa melihat 600 konten. Adapun akun yang baru dibuat cuma bisa melihat 300 konten di Twitter.

BACA JUGA: Twitter Down, Ulah Elon Musk?

Sontak kebijakan ini disambut kritik dari netizen. Bahkan, banyak pengguna Twitter yang terang-terangan mencari pelarian baru.

Salah satu media sosial baru yang dituju untuk berpindah dari Twitter adalah Truth Social.

Berikut penjelasan tentang Truth Social:

Truth Social dikembangkan oleh Trump Media & Technology Group (TMTG) sejak 2022. Sesuai namanya, media sosial Truth Social disponsori oleh mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Tampilan Truth Social hampir sama persis seperti Twitter. Namun, Truth Social mengklaim memberikan kebebasan berekspresi yang lebih luas untuk penggunanya.

Twitter Berkaca dari pengalaman Trump diblokir oleh Twitter, Truth Social menghilangkan sensor atau pembatasan dalam platformnya.

BACA JUGA: Alasan Elon Musk Batasi Pengguna Melihat Postingan Twitter

Mulanya Truth Social hanya bisa diakses oleh pengguna di Amerika Serikat melalui App Store. Namun kini media sosial tersebut sudah bisa diakses seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Soal fitur, Truth Social menawarkan kemiripan dengan Twitter. Truth Feeds berisi kumpulan unggahan dari pengguna.

Twitter memiliki fitur ReTweet, sementara Truth Social memakai nama ReTruth. Ada pula fitur Direct Message untuk berkirim pesan ke sesama pengguna. Truth Social juga mengadopsi sistem verifikasi Twitter dengan memberikan tanda khusus untuk akun yang telah terverifikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Adik Perempuan Kim Jong-un Bantah Isu Ekspor Senjata ke Rusia

News
| Jum'at, 17 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement