Advertisement

Cara Daftar dan Cek IMEI Ponsel untuk Android dan iPhone

Feni Freycinetia Fitriani
Rabu, 02 Agustus 2023 - 14:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Cara Daftar dan Cek IMEI Ponsel untuk Android dan iPhone Ilustrasi IMEI / rri.go.id

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada Kementerian Keuangan mengumumkan tata cara mendaftarkan IMEI handphone dan perangkat lain yang berasal dari luar negeri agar dapat digunakan di Indonesia.

Tahapan pertama untuk mendaftarkan imei yaitu mengisi dan menyampaikan formulir permohonan registrasi IMEI secara elektronik. Bisa melalui situs resmi Bea Cukai yaitu www.beacukai.go.id atau melalui aplikasi Mobile Beacukai yang diunduh melalui App Store atau iOS. 

Advertisement

Jika Kantor Pabean telah menerapkan Elektronic Customs Declaration (ECD), registrasi IMEI bisa dilakukan secara langsung, pada saat mengisi ECD.

BACA JUGA: Bareskrim Bongkar Kasus Imei Ilegal Ada Hampir 200.000 Ponsel Mayoritas iphone

Tahapan kedua, QR code bukti pengisian formulir elektronik tersebut bisa diberikan kepada petugas Bea Cukai saat kedatangan ke Indonesia. Namun, harus dilengkapi dengan paspor, boarding pass, invoice jika ada dan identitas pendukung lainnya.

Apabila ada penumpang yang belum bisa mengisi formulir registrasi IMEI, penumpang bisa dibantu oleh Petugas Bea Cukai di terminal kedatangan untuk perekaman atau pemindaian IMEI disertai dengan paspor penumpang.

Jika Handphone, Komputer genggam dan Tablet (HKT) memiliki nilai di bawah US$500, maka proses registrasi bisa cepat diproses dan selesai dalam waktu singkat.

Namun, jika HKT ternyata memiliki nilai di atas US$500, maka petugas Bea Cukai bakal melakukan penelitian lebih lanjut.

Penelitian itu bisa dilakukan di Kantor Pabean terdekat dengan menyampaikan bukti QR Code dengan durasi waktu paling lambat 5 hari kerja sejak kedatangan penumpang dan memperoleh pembebasan bea masuk dan pajak dalam rangka impor.

Semua aturan tersebut tertuang di dalam Peraturan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor PER-7/BC/2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Direktur Bea dan Cukai Nomor PER-13/BC/2021 tentang Tata Cara Pemberitahuan dan Pendaftaran International Mobile Equipment Identity (IMEI) atas Perangkat Telekomunikasi Dalam Pemberitahuan Pabean.

Cara Mengecek IMEI Ponsel

Cara Cek IMEI HP Android

1. Setting HP Masuk ke menu Setting/Pengaturan Pilih menu About Phone/Tentang Ponsel Scroll untuk mendapatkan 15 digit nomor IMEI

2. Melalui *#06# Masuk ke menu Dial/Panggilan Ketikkan *#06# di tab nomor tujuan. Informasi nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

3. Kardus HP Nomor biasanya terdapat di kardus ponsel. Periksa di bagian belakang kardus untuk mendapatkan nomor IMEI.

Cara Cek IMEI HP iPhone

1. Setting Ponsel Masuk ke menu Setting di iPhone Pilih About Phone Scroll ke bawah untuk mendapatkan nomor IMEI

2. Melalui *#06# Masuk ke menu Dial/Panggilan Ketikkan *#06# di tab nomor tujuan. Informasi nomor IMEI akan muncul di layar ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement