Advertisement

Mengenal Perbedaan Rangka eSAF dengan Rangka Biasa

Bernadheta Dian Saraswati
Selasa, 29 Agustus 2023 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mengenal Perbedaan Rangka eSAF dengan Rangka Biasa Ilustrasi motor matik keluaran Astra Honda Motor yang menggunakan rangka eSAF. - Ist./Honda

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Belakangan ini bahasan rangka Enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF sedang ramai diperbincangkan masyarakat setelah rangka motor eSAF dikabarkan mudah patah. Lantas bagaimana perbedaan rangka eSAF dengan rangka biasa? Simak di bawah ini.

Rangka eSAF terus menjadi perbincangan publik karena rangka yang digunakan dalam Astra Honda Motor (AHM) itu dituding mudah keropos dan patah.

Advertisement

General Manager Komunikasi PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbudin menyampaikan penggunaan rangka motor ini guna menghemat konsumsi bahan bakar karena bobot eSAF yang ringan.

Berikut ini perbedaan rangka eSAF dengan rangka biasa, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Irit Bahan Bakar (BBM)

Beda rangka eSAF dan rangka biasa (underbone) salah satunya dari nilai konsumsi BBM. Konsumsi BBM pada motor berangka eSAF lebih irit dibandingkan dengan rangka biasa.

Baca juga: Pemecatan Budiman Sudjatmiko Disebut Timbulkan Efek Domino

2. Bobot Ringan

Rangka eSAF diklaim lebih ringan ketimbang rangka motor biasa sehingga hal ini membuat pengendara lebih nyaman dan mudah ketika bermanuver.

3. Deformasi Minim

Rangka eSAF mengklaim minimnya tingkatan deformasi. Deformasi merupakan perubahan suatu benda dari yang baik menjadi kurang baik. Rangka eSAF mengklaim minimnya tingkatan deformasi ini. Tentu, keunggulan ini berbeda dari rangka konvensional yang rentan mengalami hal ini.

4. Kapasitas Luas

Ruang BBM atau tangki BBM dan bagasi motor menjadi lebih luas dengan eSAF. Rangka konvensional memiliki bentuk besar dan punya banyak lekukan sehingga makan banyak tempat.

Itulah perbedaan rangka eSAF dengan rangka biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AHY Akan Deklarasikan Bali sebagai Pulau Lengkap

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement