Advertisement

IPhone 15 Pro Max Punya Kamera Tetraprisma

Hesti Puji Lestari
Kamis, 14 September 2023 - 08:17 WIB
Sunartono
IPhone 15 Pro Max Punya Kamera Tetraprisma iPhone 15 Pro - dok. tangkapan layar Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Apple telah menambahkan sentuhan baru yang menarik pada kamera iPhone 15 Pro Max besutannya. Sentuhan baru ini bisa membuat iPhone 15 Pro Max mencapai 5x zoom optik.

Setuhan tersebut berupa teknologi kamera terbaru yang mereka namai dengan tetraprisma.

Advertisement

"Kami menciptakan desain tetraprisma tercanggih, struktur kaca terlipat di bawah lensa, untuk memantulkan sinar cahaya empat kali lipat," jelas Apple di situsnya.

BACA JUGA : Perbandingan Harga iPhone 15 di Wilayah Asia dan Spesifikasinya

“Ini memungkinkan cahaya merambat lebih lama di ruang yang sama, memberi Anda panjang fokus baru yang benar-benar mampu menjangkau jarak yang jauh.”

Tapi sebenarnya, apa maksud kamera tetaprisma itu?

Dilansir dari PC Mag, tetraprisma pada dasarnya adalah periskop atau cara untuk membelokkan cahaya beberapa kali melalui kaca.

Ini merupakan teknologi yang telah digunakan oleh perusahaan ponsel di kamera mereka sejak tahun 2017 demi mendekatkan subjek yang jauh ke ponsel cerdas yang digunakan.

Huawei P30 Pro yang mulai dijual pada Maret 2019, termasuk yang pertama memasuki pasar dengan desain kamera periskop. Disusul Oppo Reno 10x Zoom, begitu pula Samsung Galaxy S20 Ultra.

Kamera dengan teknologi tetaprisma ini menawarkan zoom optik antara 5x dan 10x. Jika teknologi ini dipasangkan dengan pemotongan digital, maka akan memungkinkan fitur seperti Super Zoom Samsung (100x) dan Super Res Zoom Google (pembesaran 30x).

Akan tetapi teknologi ini sangat sensitif. Guncangan sedikit saja bisa menyebabkan gambar menjadi goyah dan tidak fokus jika.

“Untuk mendukung desain tetraprisma, kami memelopori sensor 3D, pergeseran stabilisasi gambar optik dan modul autofokus yang bergerak ke tiga arah,” kata Apple.

“Sistem stabilisasi tercanggih kami mampu menghasilkan penyesuaian mikro dua kali lebih banyak dibandingkan sebelumnya," klaim Apple.

Sebagai tambahan, sensor pada kamera zoom optik 5x dapat bergerak hingga 10.000 kali per detik di beberapa bidang untuk menangkal pergerakan pengguna. Hasilnya adalah hasil jepretan yang diperbesar dan masih relatif tajam.

BACA JUGA : iPhone 15 Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

IPhone 15 Pro Max adalah satu-satunya iPhone baru yang mendukung zoom optik 5x. Apple mengatakan itu setara dengan lensa 120mm yang digunakan pada kamera full-frame.

Dikombinasikan dengan lensa kamera ultrawide 13mm, iPhone 15 Pro Max memiliki rentang zoom optik maksimum 9,2x.

IPhone 15 Pro yang lebih kecil hanya menawarkan zoom optik 3x melalui lensa telefoto, setara dengan iPhone 14 Pro Max tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kerusakan Akibat Gempa Garut Terjadi di Empat Kabupaten, Terparah Bandung

News
| Minggu, 28 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement