Advertisement

Perbedaan iPhone 15 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max

Redaksi
Sabtu, 23 September 2023 - 20:07 WIB
Sunartono
Perbedaan iPhone 15 Pro Max dan iPhone 14 Pro Max Pengunjung di acara peluncuran iPhone 15 dan sejumlah produk Apple di kampus Apple Park, Cupertino, California, Amerika Serikat pada Selasa (12/9/2023). - Bloomberg - David Paul Morris

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Penggemar produk Apple khususnya iPhone terkadang masih bingung perbedaan antara iPhone 15 Pro Max, dengan generasi sebelumnya yaitu iPhone 14 Pro Max. Salah satu perbedaan mencolok sebenarnya ada di bodi titanium Grade 5.

Memang benar, iPhone 15 Pro Max memiliki bodi paling tahan lama dan rangka tertipis dari semua iPhone. Sedangkan, iPhone 14 Pro Max memiliki bagian depan Ceramix Shield, bagian belakang kaca buram, dan desain baja tahan karat.

Advertisement

iPhone 15 Pro Max memperkenalkan prosesor A17 Pro baru bersama dengan peningkatan kamera, desain titanium, dan cara baru untuk mengisi daya ponsel melalui USB-C. 

BACA JUGA : Akhirnya, WhatsApp Versi Beta Hadir di iPad Apple

Sementara itu, upgrade ke iPhone 14 Pro Max sulit dilakukan. Ponsel ini mengambil foto yang bagus, tahan lama saat diisi dayanya, dan menawarkan kinerja terbaik yang kami dapatkan dari ponsel cerdas.

Berikut Perbedaan Lainnya antara iPhone 15 Pro Max vs iPhone 14 Pro Max: 

1. Zoom Lensa

IPhone 15 Pro Max adalah satu-satunya iPhone dalam jajaran yang menampilkan lensa telefoto bergaya periskop 5x baru. Rentang zoom yang diperluas memungkinkan Anda mengambil foto subjek yang lebih jelas, seperti gedung pencakar langit, burung, air terjun, atau acara olahraga.

Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro Max harus mengandalkan zoom digital untuk memotret melewati pembesaran 3x. Tentu saja, pembesaran 5x tidak begitu mengesankan jika dibandingkan dengan zoom optik 10x pada Galaxy S23 Ultra, namun tetap saja ini merupakan peningkatan yang disambut baik.

2. Chip A17 Pro

IPhone 15 Pro Max memiliki chip A17 Pro baru yang 10% lebih cepat (CPU) dan lebih efisien dibandingkan A16 Bionic di iPhone 14 Pro Max. 

Bagi pengguna biasa, perubahan ini tidak terlalu masuk akal karena A16 Bionic sudah cukup bertenaga untuk tugas umum sehari-hari.

Namun perubahan terbesar tampaknya terjadi pada GPU A17 Pro, berkat desain 6-core dan dukungan ray tracing yang dipercepat perangkat keras. 

Apple pun mengharapkan peningkatan kecepatan GPU sebesar 20%, hal ini dimungkinkan karena perusahaan mengiklankan model iPhone 15 Pro baru sebagai model ideal untuk gamer seluler.

3. RAM dan Harga 

Mengutip dari makeuseof, IPhone 15 Pro Max hadir dalam tiga varian penyimpanan yaitu 256GB, 512GB, dan 1TB tidak ada lagi varian 128GB seperti pada iPhone 14 Pro Max. 

iPhone 15 Pro Max adalah satu-satunya iPhone baru yang mengalami kenaikan harga, yaitu $100 di atas harga awal iPhone 14 Pro Max yang $1.099 setara Rp16,8 Juta

4. Port USB-C

Lightning membuka jalan bagi port USB-C di ponsel barunya. Hasilnya, iPhone 15 Pro Max mampu mendorong data dengan kecepatan 10Gbps (USB 3.1), sedangkan iPhone 14 Pro Max dibatasi kecepatan transfer data hanya 480Mbps (USB 2.0).

5.  Tombol Tindakan

Tombol untuk menonaktifkan panggilan di iPhone 14 Pro Max kini menjadi tombol tindakan di iPhone 15 Pro Max. Meskipun masih dapat membisukan panggilan Anda secara default, kini Anda dapat menyesuaikannya untuk fungsi lainnya.

Tombol tindakan dapat membantu Anda mengakses fitur seperti kamera atau senter  ponsel dengan cepat. Anda juga dapat menggunakannya untuk beralih di antara mode Fokus, mengaktifkan fitur aksesibilitas, atau merekam memo suara. Tombol ini juga berfungsi dengan aplikasi Pintasan di ponsel Anda untuk opsi penyesuaian lainnya.

6. Desain Titanium

Tidak ada yang salah dengan sisi baja tahan karat iPhone 14 Pro Max, namun Apple beralih ke titanium untuk sasis iPhone 15 Pro Max.

Titanium mempertahankan kekuatan yang sama dengan baja tahan karat berkualitas tinggi tetapi beratnya setengahnya.  

Selain itu, iPhone 15 Pro Max memiliki bobot 0,7 ons lebih kecil dibandingkan iPhone 14 Pro Max. Selain titanium, Pro Max baru juga menyertakan aluminium pada rangkanya untuk membantu pembuangan panas. 

BACA JUGA : iPhone 15 Resmi Dirilis, Ini Harga dan Spesifikasinya

Apple melakukan beberapa perubahan desain lainnya pada  iPhone 15 Pro Max. Dengan adanya bagian tepinya membulat agar membuat ponsel lebih nyaman digenggam. 

Beberapa pengguna mengeluh tentang tepi iPhone 14 Pro dan Pro Max yang lebih tajam dan persegi, yang dapat menempel di tangan Anda.   (Afaani Fajrianti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Puluhan Benda Bersejarah dari Masa Majapahit, Dikembalikan AS ke Indonesia dan Kamboja

News
| Sabtu, 27 April 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement