Advertisement

GIIAS Semarang 2023 Diharapkan Kian Kenalkan Kendaraan Listrik

Mediani Dyah Natalia
Jum'at, 20 Oktober 2023 - 18:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
GIIAS Semarang 2023 Diharapkan Kian Kenalkan Kendaraan Listrik Nissan Indonesia memeriahkan ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023, yang berlangsung di Grand City Convex mulai 20-24 September 2023. (Ist - Nissan)

Advertisement

Harianjogja.com, SEMARANG—Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Semarang 2023 resmi dibuka pada Rabu (18/10/2023) di Marina Convention Center, Kota Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan ini diharapkan dapat semakin memperkenalkan kendaraan listrik. 

"Tahun ini menjadi penyelenggaraan GIIAS Semarang yang kedua dan tentunya menjadi momen yang membanggakan, pada tahun ini antusiasme peserta mengalami peningkatan signifikan dari tahun sebelumnya," ucap Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), dalam sambutannya. 

Advertisement

Baca Juga: GIIAS 2023 Banyak Diwarnai Kendaraan Listrik 

Nangoi berharap gelaran tersebut dapat menjadi dorongan bagi potensi industri otomotif nasional khususnya di Jawa Tengah. Gaikindo sendiri rutin menggelar GIIAS sebagai usaha edukasi dan promosi kepada masyarakat akan perkembangan industri otomotif Tanah Air. Dalam gelaran GIIAS Semarang 2023, setidaknya ada 30 merek usaha dari berbagai lini otomotif yang ikut berpartisipasi. 14 merek di antaranya adalah merek kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua. 

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, berterima kasih atas kepercayaan Gaikindo yang kembali menggelar GIIAS di Kota Semarang. "Pameran yang pertama di tahun 2022 memberikan hasil yang sangat membahagiakan. Mudah-mudahan di GIIAS Semarang yang kedua kali ini juga dapat mengalami peningkatan dengan adanya transaksi penjualan kendaraan bermotor," jelasnya. 

Direktur Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian RI, Taufiek Bawazier, juga mengapresiasi upaya pabrikan otomotif dalam memperkenalkan produk dan teknologi teranyarnya, termasuk teknologi kendaraan listrik. Dalam gelaran GIIAS Semarang 2023 sendiri, setidaknya ada 10 model kendaraan baru yang bakal diperkenalkan Agen Pemegang Merek (APM) otomotif kepada pengujung. 

Baca Juga: Resmi Dibuka Hari Ini, Berikut Harga Tiket GIIAS 2023 dan Cara Membelinya 

Lebih lanjut, Taufiek berharap gelaran GIIAS juga bisa memperkenalkan kendaraan listrik ke masyarakat luas. "Pemerintah terus melakukan evaluasi dan upaya demi mempercepat pembentukan ekosistem Electric Vehicle (EV) sebagai bentuk dukungan industri dalam pemenuhan komitmen pemerintah untuk menurunkan gas emisi," jelas Taufiek. 

Sebagai informasi, GIIAS Semarang 2023 bakal berlangsung pada 18-22 Oktober 2023. Pameran tersebut merupakan rangkaian dari GIIAS The Series 2023 yang sudah berlangsung di empat kota di Pulau Jawa. Adapun agenda tahunan Gaikindo itu bakal ditutup di GIIAS Bandung pada November mendatang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sandiaga Angkat Bicara Terkait Syuting Film Artis Korea di Bali yang Terkendala Imigrasi

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement