Advertisement

Youtube Uji Coba YoutChat, AI yang Bisa Jawab Pertanyaan Seputar Video

Newswire
Selasa, 07 November 2023 - 12:37 WIB
Maya Herawati
Youtube Uji Coba YoutChat, AI yang Bisa Jawab Pertanyaan Seputar Video Ilustrasi aplikasi Youtube. - Ist\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Teknologi Artificial Intelligence (AI) digunakan YouTube fitur percakapan baru yang bisa  berkomunikasi dengan pengguna dan mereka dapat menyelami lebih dalam konten yang mereka tonton.

Seperti dikutip dari Variety, Senin (6/11/2023) waktu setempat, alat percakapan baru bernama YouChat di YouTube akan memberikan jawaban atas pertanyaan tentang video yang pengguna tonton, rekomendasi untuk konten terkait, dan lainnya tanpa mengganggu pemutaran.

Advertisement

“Fitur YouChat tersedia mulai Senin untuk sejumlah kecil orang dan pada sebagian video. Dalam beberapa pekan ke depan, video ini akan diluncurkan kepada pengguna YouTube Premium di Amerika Serikat pada perangkat Android,” tulis pengumuman dari YouTube.

Pengguna yang memiliki akses ke fitur chatbot eksperimental dapat mengakses alat tersebut dengan mengetuk tombol tanya baru di bawah video YouTube yang dipilih, lalu mengajukan pertanyaan tentang video tersebut atau memilih perintah yang disarankan.

Juru bicara YouTube mengatakan alat percakapan tersebut tidak menggunakan chatbot Bard milik Google. Sebaliknya, fitur tersebut dihasilkan dari informasi YouTube dan laman website.

BACA JUGA: TPA Piyungan Transisi, Pembangunan Zona Transisi 2 Rampung

“[Fitur ini] dihasilkan oleh model bahasa besar yang memanfaatkan informasi dari platform YouTube dan web,” kata juru bicara YouTube.

Selain itu, YouTube juga meluncurkan fitur AI generatif eksperimental lainnya yang merangkum topik di bagian komentar besar untuk memberikan cara yang lebih mudah kepada pengguna dalam melihat dan mengikuti percakapan yang terjadi dalam video.

Pengujian tersebut dijalankan kepada sejumlah kecil video dalam bahasa Inggris yang memiliki bagian komentar besar. Untuk mengaksesnya, pengguna YouTube Premium dapat ikut serta dalam mencoba fitur ini di laman resmi YouTube.

Selama beberapa minggu dan bulan mendatang, YouTube akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana pengguna bisa menggunakan fitur-fitur baru itu dan platform akan terus memperkenalkan lebih banyak pembaruan. Fitur-fitur tersebut merupakan fitur tambahan dari serangkaian alat berbasis AI lainnya yang baru-baru ini diumumkan YouTube pada bulan September di acara It’s Made on YouTube.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gobel Minta Jepang Ajari Smart Farming kepada Petani Muda Indonesia

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement