Advertisement

Toyota Sebut Penjualan Mobil Segmen Entry Level Punya Potensi Besar

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra
Selasa, 07 November 2023 - 07:27 WIB
Sunartono
Toyota Sebut Penjualan Mobil Segmen Entry Level Punya Potensi Besar Toyota Yaris 2023 - Toyota/Astra Motor

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—PT Toyota-Astra Motor (TAM) menilai penjualan mobil segmen entry level di Indonesia memiliki ruang besar untuk berkembang sejalan dengan pertumbuhan perekonomian yang positif.

Marketing Director PT TAM Anton Jimmi Suwandy mengatakan model-model untuk mobil segmen entry level semakin bertambah dari sisi kompetisi. Terlebih lagi pada segmen ini terdapat mobil jenis low cost green car (LCGC) yang selama ini dikenal sebagai mobil yang ramah kantong bagi konsumen.

Advertisement

BACA JUGA : Toyota Andalkan Sedan Kecil untuk Dongkrak Penjualan

"Menurut kami market entry ini dimana didalam nya ada LCGC masih sangat berpotensi untuk tumbuh kedepan. Hal ini bisa dilihat selain karena ada LCGC, model-model pada segmen entry ini semakin bertambah ya dari sisi kompetisi," ujar Anton kepada JIBI/Bisnis, Minggu (5/11/2023).

Ia mengatakan segmen entry level memiliki konsistensi untuk bertumbuh dengan menyesuaikan kebutuhan pasar otomotif Indonesia. Dari sisi Toyota, sudah ada Agya baru beserta versi Agya GR Sport yang diluncurkan sejak awal 2023.  Model Agya GR Sport yang masuk dalam segmen City Car pun spesifikasinya lebih disesuaikan dengan kebutuhan lebih tinggi, serta tampil lebih stylish dibandingkan versi Agya biasa.

"Jadi masing masing kebutuhan bisa terpenuhi, baik itu pada segmen LCGC melalui Agya non GR dan City Car lewat Agya GR Sport," tuturnya.

Dari segi dimensi, baik Agya tipe standar maupun Agya GR sport memiliki ukuran yang serupa dengan dengan panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.505 mm, serta jarak sumbu roda atau wheelbase 2.525 mm, sehingga membuat kedua mobil ini tampak kembar.

Menilik dapur pacunya, Agya biasa dan Agya GR Sport dengan mesin baru berkode WA-VE dengan kubikasi 1.200 cc 3-silinder Dual VVT-i. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11,52 Kgm pada 4.500 rpm.  

Mesin 3-silinder yang tersemat pada Agya ini memiliki keunggulan dan kelebihan berupa efisien dalam mengolah bahan bakar dan memproduksi torsi lebih tinggi. Namun, tarikan mesin untuk GR Sport lebih berat daripada varian standar. Varian GR Sport All New Agya juga dibekali dengan aero kit yang dipasangkan pada eksterior, penambahan downforce kendaraan juga mobil ini bermanuver dengan stabil dan lincah tanpa khawatir kehilangan kendali.

BACA JUGA : Toyota Siapkan Fitur Canggih Gempur Produk China dan Korea

Mobil yang mewarisi DNA motorsports TOYOTA GAZOO Racing (TGR) ini memiliki sistem suspensi dan EPS yang diracik agar mobil sanggup memberikan daya redam lebih maksimal dan peningkatan kelincahan saat bermanuver dibandingkan model standar.

Sejak diluncurkan dengan Rp237,5 juta hingga Rp256 juta, varian GR Sport telah laku terjual hingga 1.526 unit secara wholesales sepanjang Januari—September 2023, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia menunjukkan (Gaikindo).

Data Gaikindo juga menunjukkan penjualan secara wholesales LGCG Toyota yang terdiri dari Agya versi biasa, dan Calya mencapai 49.838 unit sepanjang Januari—September 2023, naik 5,15% secara year-on-year (YoY) dari 47.397 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement