Advertisement

Motor Listrik Subsidi Sepi Peminat, Ini Penjelasan Pengamat..

Anisatul Umah
Kamis, 16 November 2023 - 15:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Motor Listrik Subsidi Sepi Peminat, Ini Penjelasan Pengamat.. Kendaraan tengah mengisi daya di SPLU Chargemaster. - BP

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah mendorong penggunaan motor listrik melalui subsidi Rp7 juta dengan kuota 200.000 unit sampai akhir tahun ini. Namun berdasarkan data dari laman SISAPIRa (Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua) baru 4.148 unit yang tersalurkan.

Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (Pustral) UGM, Arif Wismadi menjelaskan layaknya hidup, teknologi juga punya beberapa siklus. Mulai dari lahir, tumbuh, dewasa, menua, dan mati. Di setiap tahap, strategi menumbuhkannya berbeda-beda.

Advertisement

Baca Juga: Pemberian Tambahan Diskon untuk Kendaraan Listrik Tengah Dikaji

Menurutnya saat ini motor listrik ada di tahap tumbuh, cirinya kebutuhan biaya banyak tapi penambahan fungsi tidak begitu banyak. Kendaraan listrik masih dituntun untuk menghasilkan baterai yang efisien.

"Untuk itu memang market mestinya tidak menargetkan untuk masyarakat umum yang hanya bisa dipenetrasi oleh teknologi yang sudah matang," paparnya, Kamis (16/11/2023).

Sebab teknologinya belum matang, ia menyebut mestinya yang menjadi sasaran captive market, dengan satu transaksi dapat terbeli jumlah besar. Misalnya kendaraan operasional perusahaan yang punya komitmen green.

Baca Juga: Di Negara Maju, Mobil Listrik Masih Jadi Kendaraan Sekunder

Menurutnya, jika sasarannya adalah masyarakat umum, akan muncul berbagai pertanyaan. Seperti siapa yang mestinya menerima manfaat subsidi? Orang kaya yang berkomitmen green tapi tidak mau membayar tinggi atau masyarakat miskin yang kurang aware tentang green teknologi tapi sangat sangat butuh solusi mobilitas.

"Revisi skema subsidi dengan sasaran penerima yang terkendali, dan ubah sasaran untuk captive market skala besar, bukan retail ke end user," jelasnya.

Baca Juga: Subsidi Sepeda Motor Listrik Bakal Naik Jadi Rp10 Juta, Begini Penjelasan Pemerintah

Saat ini, kata Arif, opsi mobilitas dengan kendaraan Bahan Bakar Minyak (BBM) masih bisa menjadi solusi alternatif yang dirasa oleh masyarakat lebih murah. Meskipun menjauhkan dari pencapaian pemerintah untuk program dekarbonisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Buka Seleksi CPNS Jalur Sekolah Kedinasan, Ada 3.445 Formasi

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement