Advertisement

Galau Mau Pilih iPhone Inter atau iBox? Simak Informasi ini sebelum Beli

Rendi Mahendra
Jum'at, 17 November 2023 - 22:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Galau Mau Pilih iPhone Inter atau iBox? Simak Informasi ini sebelum Beli Iphone 15 (Apple)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ingin membeli iPhone dan ingin menjajal iPhone eks inter daripada yang bergaransi resmi di Indonesia seperti iBox? Jangan hanya tergiur harga murah, simak tips ini lebih dahulu.

iPhone inter merujuk pada iPhone yang sebelumnya sudah digunakan oleh pengguna di luar negeri. Produk-produk ini sering kali diimpor dari beberapa negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. 'Eks' adalah singkatan dari bekas, menunjukkan barang tersebut telah berpindah tangan dari pemilik pertama ke pemilik kedua atau seterusnya.

Advertisement

Sementara ‘Inter’ merujuk pada kata Internasional. Dengan kata lain, iPhone Ex Inter merupakan iPhone bekas yang diimpor dari luar negeri. Dan biasanya harga iPhone Ex Inter lebih murah karena tidak mendaftar IMEI. Kendati demikian, penting untuk diingat bahwa tidak semua iPhone bekas dari luar negeri ilegal.

Baca Juga: IPhone Punya Fitur Baru, Bisa Berbagi Foto dan Video Hanya dengan Mendekatkan Ponsel, Ini Daftar Serinya

atau penjual dapat mengikuti prosedur kepabeanan yang sesuai, dengan ponsel yang aman memiliki nomor IMEI terdaftar sebagai identitas khusus. Masyarakat yang membawa iPhone dari luar negeri juga harus mendaftarkan IMEI mereka di laman resmi bea cukai untuk memastikan legalitasnya.

Perbedaan iPhone Inter dan iBox Resmi

  1. Harga

Salah satu daya tarik utama dari iPhone inter adalah harganya yang lebih rendah daripada produk baru atau produk resmi yang dijual melalui iBox. BACA JUGA 6 Cara Mudah untuk Memperbesar Keyboard di iPhone

  1. Kode Negara

Perbedaan iPhone inter dan iBox berikutnya terlihat dengan jelas. iPhone resmi yang dijual di Indonesia biasanya memiliki kode PA/A, ID/A, SA/A, atau FE/A. Sedangkan iPhone bekas dari negara lain akan memiliki kode LL/A, ZA/A, X/A, ZP/A, dan lainnya. Daftar Kode iPhone Indonesia dan Wilayah Negara Lain:

Indonesia: PA/A, ID/A, FE/A, SA/A

 Amerika Serikat: LL/A Hongkong

Macau: ZP/A Singapura: ZA/A

Brazil: BZ/A

Kanada: CA/A

Cina: CH/A

Republik Ceko: CZ/A

Jerman: D/A

Austria, Jerman, Belanda: DN/A

Meksiko: E/A

Estonia: EE/A

Prancis, Luxembourg: FB/A

Austria Liechtenstein, Swiss : FD/A

Yunani HN/A India : GR/A

Italia HB/A

Israel: IP/A

Jepang: J/A

Norwegia: KN/A

Firlandia, Swedia: KS/A

Colombia, Ekuador, El Savador, Guetemala, Honduras, Peru : LA/A

Argentina: LE/A

Mesir, Jordania, Saudi, UAE: AB/A Chili

Paraguai, Uruguai: LZ/A Hungaria: MG/A

Malaysia: MY/A

Belgia, Prancis, Luxembourg: NF/A

Polandia: PL/A

Portugal: PO/A

Filipina: PP/A

Romania: RO/A

Rusia: RS/A

Slovakia: SL/A

Afrika Selatan: SO/A

Italia: T/A

Taiwan: TA/A

Turki: TU/A

Australia, Selandia Baru: X/A

Spanyol: Y/A

Baca Juga: iPhone 15 Terbaru Telah Terdaftar di Kemenperin, Kapan Masuk Indonesia?

  1. Beberapa distributor SIM Card

Beberapa pengguna iPhone eks inter melaporkan masalah dalam mendeteksi jaringan provider tertentu. Produk resmi biasanya lebih fleksibel dalam penggunaan berbagai jenis kartu SIM.

  1. Garansi

Klaim garansi pada iPhone bekas dari luar negeri yang illegal mungkin tidak berlaku. Sementara itu, produk resmi dari iBox menawarkan perlindungan dan aksesori dengan garansi selama satu tahun.

  1. Keamanan

Produk rekondisi atau palsu dari luar negeri dapat membawa risiko keamanan yang tinggi, seperti ancaman pencurian data atau pemblokiran sinyal telekomunikasi.

  1. Ketersediaan

Produk iPhone eks inter dapat lebih cepat masuk ke Indonesia karena dirilis secara internasional lebih dulu, sehingga ketersediaan stoknya lebih banyak daripada produk resmi dari iBox.

Baca Juga: Baca Juga: 7 Fakta Menarik dan Harga iPhone 15 yang Dikabarkan Rilis Hari Ini

  1. Status Pembayaran

Pajak Perbedaan iPhone inter dan iBox yang terakhir yakni iPhone inter yang diimpor oleh pengecer mayoritas beredar secara ilegal tanpa membayar pajak. Sementara itu, iPhone bekas yang dibawa secara pribadi biasanya telah membayar pajak di wilayah pabean seperti bandara. Produk dari distributor resmi seperti iBox telah menyelesaikan kewajiban pembayaran pajak sebelum dijual ke pengguna di Indonesia. Hal inilah yang membuat harga iPhone Inter lebih murah dibandingkan iPhone resmi karena tidak membayar pajak sehingga tidak terdaftar nomor IMEI-nya. Sebelum membeli iPhone eks inter, pastikan untuk memeriksa keaslian produk dan IMEI yang terdaftar agar dapat mengklaim garansi jika diperlukan. Selain itu, jika iPhone ex inter ilegal, maka akan lebih rawan diblokir oleh pemerintah. Sedangkan iPhone resmi lebih aman. Meskipun harganya lebih murah, ada risiko tertentu yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli produk bekas internasional tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BNPB: Gempa Garut Rusak 110 Rumah dan Berdampak pada 75 KK

News
| Minggu, 28 April 2024, 17:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement