Advertisement

VinFast Pilih Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia karena Dinilai Punya Peran Besar di Dunia

Afiffah Rahmah Nurdifa
Selasa, 20 Februari 2024 - 09:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
VinFast Pilih Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia karena Dinilai Punya Peran Besar di Dunia Mobil listrik Vinfast VF8 yang akan diekspor sedang diangkut ke kapal di Haiphong, Vietnam pada Jumat (25/11/2022). Bloomberg - Linh Pham

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Perusahaan mobil listrik asal Vietnam, VinFast akan menggelontorkan investasi sebesar US$1,2 miliar atau setara dengan Rp18,7 triliun. Indonesia dipilih karena memiliki peran besar dalam rantai pasok kendaraan listrik di dunia.

Sebelumnya, VinFast memasuki pasar yang sudah matang seperti Amerika dan Eropa. Dengan peluncuran di pasar Indonesia, VinFast memetakan arah baru, merambah ke pasar yang sedang berkembang. Indonesia dipilih karena VinFast menyadari peran penting Indonesia dalam rantai pasok kendaraan listrik di dunia.

Advertisement

Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan investasi tahap pertama adalah pembangunan pabrik kendaraan listrik.VinFast tengah mencari lahan untuk membangun pabrik di kawasan industri. "Iya. mereka sudah komitmen dan sedang cari lahan di sini. Secepatnya begitu lahan tersedia mereka bakal investasi segera, kami sedang matching-kan kawasan industri dengan mereka ada beberapa target kawasan industri," kata Agus kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Senin (19/2/2024).

Baca Juga
Jokowi Dukung VinFast Vietnam Perkuat Ekosistem Mobil Listrik Nasional

VinFast Bakal Bangun Ekosistem Mobil Listrik & Baterai di Indonesia Senilai Rp18,6 Triliun

Siap Tempur di Kandang Tesla, Mobil Merk Lokal Vietnam VinFast

VinFast akan menanamkan modal secara bertahap, diawali dengan pembangunan pabrik dengan kapasitas tahunan 50.000 kendaraan listrik. Agus menuturkan VinFast akan memulai konstruksi pabrik pada tahun ini. Namun, pencarian lahan masih berlangsung dan merujuk pada beberapa opsi. "Di kawasan industri sekarang lagi disiapkan yg mana. Kan banyak. Batang salah satunya, [kemudian] Karawang. Belum ada yang pasti cuma opsinya sudah ada," ujarnya.

Optimisme VinFast untuk masuk pasar Indonesia ditandai dengan kehadiran model kendaraan listrik untuk berbagai segmen di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 yang berlangsung pada 15-25 Februari 2024. Gelaran IIMS 2024 juga menjadi momemtum bagi VinFast untuk memperkenalkan model EV dengan kemudi kanan pertamanya di pasar internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement