Advertisement

J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan

Lajeng Padmaratri
Jum'at, 22 Maret 2024 - 12:17 WIB
Lajeng Padmaratri
J-na, Penyiar Berita Bertenaga AI yang Debut di YouTube Jeju Weekly Korea Selatan J-na, penyiar berita di Jeju Weekly yang ternyata model virtual AI. - Oddity Central

Advertisement

Harianjogja.com, JEJU—Pembawa berita dan presenter virtual memang sudah ada sejak lama. Namun, semakin kesini mereka semakin menjadi sangat baik sehingga organisasi-organisasi pemerintah menggunakannya untuk menggantikan tenaga manusia sekaligus demi menghemat anggaran.

Tak terkecuali Pemerintah Provinsi Pulau Jeju, di Korea Selatan, yang baru-baru ini menyewa seorang pembawa berita untuk menyelenggarakan program YouTube mingguannya, Weekly Jeju, dengan biaya yang lebih murah dari mantan karyawannya. Penyiar berita bertenaga artificial intelligence (AI) itu bernama J-na, yang namanya berasal dari kombinasi “Jeju”, “news”, dan “AI”.

Advertisement

BACA JUGA: Tas Tangan Ini Diklaim Paling Ringan di Dunia karena 99 Persen Terbuat dari Udara

Dilansir dari Oddity Central pada Jumat (22/3/2024), avatar virtual J-na akan membaca skrip yang dihasilkan oleh model bahasa AI seperti ChatGPT dalam siaran Weekly Jeju.

Menurut pemerintah provinsi pulau tersebut, beralih ke pembawa berita virtual adalah pilihan yang jauh lebih murah, karena J-na dan skrip pembuatan berita dilaporkan hanya berharga 600.000 won (Rp7,1 juta) per bulan.

BACA JUGA: Upaya Para Orang Tua di Shanghai Carikan Pasangan untuk Anaknya Lewat Pasar Jodoh

“Mempekerjakan presenter berita manusia memerlukan biaya yang besar, jadi kami mencari alternatif dan memilih J-na,” kata seorang pejabat Pulau Jeju kepada The Korea Herald.

Saat ini, J-na bertugas menyampaikan berita di saluran YouTube. Kendati demikian, rendahnya biaya pembawa berita virtual dan peningkatan kualitas pasti membuat layanan semacam ini juga menarik bagi program berita kabel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Oddity Central

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Raja Charles III Kembali Jalani Tugas Setelah Pengobatan Kanker

News
| Sabtu, 27 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement