Advertisement

Pemutakhiran Data Pemilih Bisa Diupdate Lewat Aplikasi Android

Hadid Husaini
Kamis, 26 Januari 2023 - 15:07 WIB
Sunartono
Pemutakhiran Data Pemilih Bisa Diupdate Lewat Aplikasi Android Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penggunan Teknologi bakal digunakan oleh anggota Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) guna pemutakhiran data pemilih. Hal tersebut gunal efektifitas dalam pencocokan secara administrasi calon pemilih pada Pemilu 2024.

“Pantarlih nanti dalam melakukan tugas kedepan akan menggunakan android. Dalam android tersebut akan ada aplikasinya,” ujar Komisioner KPU Kota Jogja Franky Argitawan pada Rabu (25/1/2023)

Advertisement

Strategi penggunaan teknologi itu dipakai agar dalam pemutakhiran data masyarakat yang akan melakukan pencoblosan bisa lebih maksimal. Pantarlih yang dipilih nantinya akan diupayakan sudah menguasai android.

BACA JUGA : Pemilu 2024, Daftar Pemilih Berkelanjutan di Bantul

Terkait sistem penggunaan aplikasi tersebut hingga saat ini KPU belum mendapatkan Sosialisasi. “Secara teknis seperti apa penggunaanya kita belum mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari KPU pusat,” pungkasnya.

Franky menyampaikan tantangan ke depan para anggota Pantarlih adalah kondisi masyarakat Jogja yang berada di Perkotaan memiliki jam kerja yang panjang sehingga terkendala sulit untuk melakukan pendataan.

“Kelemahan pantarlih mungkin kelemahan Ketika datang kerumah ditemui tidak ada orangnya karena konteks sosiologis bekerjanya dari sampai pagi sampai sore atau malam,” terang Franky.

BACA JUGA : Per September, Daftar Pemilih Berkelanjutan di Sleman

 Sebelumnya KPU Kota Jogja telah melantik 135 Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pemilu 2024 untuk wilayah Kota Yogyakarta pada Selasa (24/1/2023). Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan Orientasi Tugas bagi PPS sebagai bekal dalam menghadapi Pemilu mendatang. “Evaluasi ada, bisa lihat di Petunjuk Teknis (Juknis) 534 tahun 2023. kita evaluasinya pertiga bulan terkait perekrutan badan ad hoc,” tutup Franky.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement