Advertisement

Ratusan Calon Panwaslu Kalurahan Ikuti Seleksi Wawancara

Catur Dwi Janati
Selasa, 31 Januari 2023 - 09:27 WIB
Sunartono
Ratusan Calon Panwaslu Kalurahan Ikuti Seleksi Wawancara Ilustrasi Pemilu - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Setelah harus melewati masa perpanjangan pendaftaran lantaran sejumlah saluran yang ditindak memenuhi syarat, seleksi Panwaslu Kalurahan memasuki babak baru. Ratusan calon Panwaslu Kalurahan yang dinyatakan lolos seleksi administrasi bakal menghadapi seleksi wawancara. 

Ketua Bawaslu Kulonprogo, Ria Harlinawati menerangakan saat ini Panwaslu Kecamatan tengah membentuk Panwaslu Kalurahan/Desa. Setidaknya dibutuhkan 88 orang yang akan bertugas pada setiap Kalurahan se-Kulonprogo. Pendaftaran calon Panwaslu Kalurahan telah dibuka pada 14-19 Januari 2023 lalu di kantor sekretariat Panwaslu Kecamatan masing-masing. Selama rentang waktu itu, tercatat ratusan warga mendaftarkan diri sebagai Panwaslu Kalurahan.  

Advertisement

BACA JUGA : Pendaftar Perempuan Panwaslu Kelurahan di Kota Jogja

"Dalam kurun waktu enam hari, terdapat 354 pendaftar dari 88 Kalurahan se-Kabupaten Kuloprogo. Terdiri dari 180 pendaftar laki-laki dan 174 pendaftar perempuan," jelasnya pada Senin (30/1/2023).

Akan tetapi setelah melewati tahap perbaikan berkas, ternyata ada 12 Kalurahan yang harus menerapkan masa perpanjangan pendaftaran. Belasan Kalurahan tersebut meliputi Kalurahan Tayuban, Banaran, Pandowan, Banguncipto, Sukoreno, Kaliagung, Demangrejo, Kalirejo, Sidorejo, Tanjungharjo, Donomulyo dan Sidomulyo. 

Perpanjangan masa pendaftaran dilakukan lantaran jumlah pendaftar belum memenuhi dua kali kebutuhan. Selain itu masa pendaftaran juga terpaksa diperankan karena ada beberapa kalurahan yang jumlah pendaftarnya sudah memenuhi dua kali kebutuhan namun belum ada pendaftar perempuan. "Atau jumlah pendaftar sudah terdapat pendaftar perempuan namun jumlah peserta kurang dari dua kali kebutuhan," jelasnya. 

Pasca dilakukan masa perpanjangan, total jumlah total pendaftar Panwaslu Kelurahan mencapai 381. Jumlah tersebut terdiri dari 185 pendaftar laki-laki dan 196 pendaftar perempuan. Persentasenya, 49 persen  pendaftar laki-laki dan 51 persen pendaftar perempuan.

Namun setelah memasuki tahapan penelitian berkas, hanya 329 pendaftar hang dinyatakan lulus dalam seleksi administrasi. Pada tahap ini, jumlah pendaftar perempuan jauh mengungguli dari kandidat laki-laki.   

BACA JUGA : Rekapitulasi Pendaftar dan Masa Perpanjangan Rekrutmen

"Dari 329 tersebu terdiri dari 158 pendaftar laki-laki dan 171 pendaftar perempuan dengan persentasi 48 persen pendaftar laki-laki dan 52 persen pendaftar perempuan," terangnya. 

Setelah lolos seleksi administrasi, tahapan seleksi masih menanti calon Panwaslu Kalurahan. Pada 31 Januari - 2 Februari 2023, nanti kandidat Panwaslu Kalurahan akan menjalani tes wawancara oleh Panwaslu Kecamatan. Tes ini disebutkan Ria sebagai bentuk pendalaman terkait pengetahuan dan wawasan dari calon Panwaslu Kalurajam seputar pengawasan kepemiluan. 

Pengumuman Panwaslu Kalurahan terpilih baru akan dilakukan pada tanggal 4 Februari 2023. "Dimana setiap Kalurahan akan memiliki satu orang Panwaslu Kelurahan. Pelantikan akan dilaksanakan serentak di kecamatan oleh Panwaslu Kecamatan masing-masing pada Senin, 6 Februari 2023," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement