Advertisement

Surya Paloh, AHY dan Ahmad Syaikhu Akan Teken Piagam Dukungan untuk Anies

Surya Dua Artha Simanjuntak
Selasa, 31 Januari 2023 - 04:17 WIB
Sunartono
Surya Paloh, AHY dan Ahmad Syaikhu Akan Teken Piagam Dukungan untuk Anies Anies Baswedan duduk semeja dengan dengan Ketua Umum (Ketum) NasDem Surya Paloh, Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, serta mantan Presiden-Wakil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jusuf Kalla saat menghadiri pernikahan anak Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Aljufri di Balai Sudirman, Jakarta, Minggu (16/10/2022) malam. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Prediden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu segera menyepakati piagam koalisi pendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

Liaison Officer alias perwakilan Anies, Sudirman Said, mengatakan ketiga pimpinan tertinggi partai politik koalisi akan menyepakati piagam koalisi sebab mereka secara organisasi sudah menyatakan akan mendukung Anies jadi capres 2024.

Advertisement

"Dalam waktu dekat para pimpinan puncak politik akan bertemu untuk menyusun, menyepakati piagam koalisi," jelas Sudirman di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

BACA JUGA : Sempat Batal Digelar, Anies Bakal Hadiri Deklarasi Besaran

Setelah itu, maka NasDem, Demokrat, dan PKS akan mendeklarasikan koalisi bersama. Mereka sendiri sudah menyebut diri sebagai Koalisi Perubahan. "Dalam waktunya Insya Allah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies baswedan," lanjut Sudirman.

Sebelumnya, PKS secara resmi menyatakan akan mendukung Anies jadi capres 2024. Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohammad Sohibul Iman menjelaskan deklarasi itu akan dilakukan pada bulan depan dalam rangka Rapat Badan Majelis Syura dan Rakernas DPP PKS.

"PKS akan menyampaikan eksplisit organisatoris untuk mendukung Bapak Anies Rasyid Baswedan pada Rapat Badan Majelis Syura PKS yang bersamaan dengan Rakernas DPP PKS pada 24 Februari 2024," ujar Iman di kawasan Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (30/1/2023).

Keputusan ini diambil setelah Iman menemui Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri di Istanbul, Turki pada akhir pekan lalu. Dalam kesempatan itu, Salim Segaf memberikan arahan ke Iman terkait capres usungan PKS.

Setelah pulang dari Turki pada Senin (30/1/2023), Iman langsung menyampaikan kabar dukungan ke Anies itu kepada awak media di bandara.

BACA JUGA : Datang ke Jogja, Anies Ajak Sukarelawan Tak Memecah Belah

NasDem merupakan partai politik (parpol) yang pertama kali mendeklarasikan dukungan kepada Anies, tepatnya pada awal Oktober 2022. Pada pekan lalu, giliran Partai Demokrat.

Artinya, kini Anies sudah mengantongi tiket untuk melaju jadi apres dalam kontestasi Pilpres 2024.

Koalisi antara NasDem, Demokrat, dan PKS yang menyebutkan diri sebagai Koalisi Perubahan sudah punya 28,35 persen kursi di DPR RI.

Mereka sudah mencapai ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold. Dalam UU 7/2017 (UU Pemilu) parpol atau koalisi parpol setidaknya harus punya 20 persen kursi di DPR RI untuk bisa didaftarkan dalam pemilihan presiden.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta Prabowo-Gibran Persiapakan Diri Usai Ditetapkan KPU

News
| Rabu, 24 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement