Advertisement

Tim Pengawasan Pemilu di Gunungkidul Sudah Terbentuk hingga Tingkat Kalurahan

David Kurniawan
Minggu, 05 Februari 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Tim Pengawasan Pemilu di Gunungkidul Sudah Terbentuk hingga Tingkat Kalurahan Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL — Bawaslu Gunungkidul memastikan sudah membentuk tim pengawas pemilu hingga tingkat kalurahan. Hal ini tak lepas adanya rencana pelantikan anggota panitia pengawas (Panwas) kalurahan pada Senin (6/2/2023).

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan, tahapan rekrutmen panwas kalurahan sudah selesai. Hasil seleksi sudah diumumkan Sabtu (4/2/2023). “Besok [Senin, 6/2/2023] petugas panwas kalurahan terpilih akan dilantik,” kata Rini kepada wartawan, Minggu (5/2/2023).

Advertisement

Dia mengakui, proses rekrutmen panwas kalurahan sempat terkendala karena pendaftaran di delapan kalurahan terpaksa diperpanjang. Meski demikian, hal tersebut bukan menjadi masalah karena setelah melalui proses seleksi akhirnya 144 petugas telah resmi diterima menjadi panwas.

“Perpanjangan dikarenakan belum memenuhi syarat, tapi semua bisa terlaksana dengan baik hingga akhirnya diumumkan hasil dari seleksi,” katanya.

BACA JUGA: Tahap Pemilu Baru Saja Mulai, 2 Laporan Pelanggaran Sudah Terjadi di Kota Jogja

Rini mengungkapkan, dengan diumumkannya panwas kalurahan, maka tim pengawasan di Pemilu 2024 sudah hampir terbentuk semua. Oleh karena itu, pengawasan mulai dari tingkat kabupaten hingga kalurahan dalam tahapan Pemilu 2024 sudah bisa dilakukan semua.

“Tinggal kurang pengawas Tempat Pemungutan Suara [TPS]. Petugas ini, baru direkrut pada Januari 2024 atau sebelum coblosan berlangsung,” katanya.

Dia menambahkan, setelah dilakukan pelantikan, para petugas panwas kalurahan akan diterjunkan dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih. Rencananya verifikasi dan validasi data ini berlangsung mulai pertengahan bulan ini.

“Tentunya untuk pengawasan agar para petugas coklit tidak ngawur dalam mendata calon pemilih. Salah satunya memastikan proses dilakuan dengan mendatangi rumah ke rumah warga,” katanya.

Ketua KPU Gunungkidul, Ahmadi Ruslan Hani mengatakan, untuk tim penyelenggara pemilu sudah terbentuk di kapanewon maupun kalurahan. Adapun petugas PPK maupun PPS juga sudah mulai bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki.

Menurut dia, tahapan sekarang persiapan untuk coklit data pemilih di Pemilu 2024. Hal ini dimulai dengan rekrtumen panitia pemutakhiran data pemilih (Pantarlih).

“Sudah selesai dan juga telah diumumkan hasilnya. Setelah dilantik, nanti langsung bekerja dengan mendatangi rumah warga calon pemilih untuk verifikasi data,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement