Advertisement

KPU Jogja Selesaikan Masalah RT 00 RW 00, DPT Ditetapkan

Triyo Handoko
Kamis, 22 Juni 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
KPU Jogja Selesaikan Masalah RT 00 RW 00, DPT Ditetapkan Suasana pembukaan rapat pleno KPU Kota Jogja untuk menentukan jumlah DPT di wilayahnya, Selasa (20/6 - 2023).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja sudah menyelesaikan masalah data daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 di wilayahnya, termasuk kekeliruan data RT 00 dan RW 00. Penyelesaian kekeliruan data RT 00 dan RW 00 di Kota Jogja dilakukan dengan koordinasi multisektor.

Koordinasi tersebut melibatkan panitia pemilihan suara (PPS), panitia pemilihan kemantren (PPK), hingga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Advertisement

“Kami dapat menyelesaikan rekapitulasi DPT termasuk mengatasi masalah RT 00 RW 00 berkat koordinasi bersama, termasuk masukan dari Bawaslu, dan lainnya,” kata Ketua KPU Jogja Hidayat Widodo, Selasa (20/6/2023).

Hidayat menjelaskan penetapan DPT ini bukan berarti data tidak dapat diotak-atik lagi. “Data akan sangat dinamis, mungkin akan ada perpindahan warga, ada warga yang meninggal, dan semacamnya. Tapi penetapan DPT ini adalah hal penting karena bagian dari tahapan pemilu dan persiapannya,” jelasnya.

BACA JUGA: 4 Cara Merawat Sepeda Listrik Agar Awet dan Tahan Lama

Penetapan DPT, jelas Hidayat, dilakukan bersama dengan menghadirkan berbagai pihak. “Ada dari partai politik, aparat penegak hukum, OPD terkait, dan lembaga penyelenggara pemilu, ini ditetapkan bersama dan dapat diberikan masukan bersama sebelum ditetapkan,” katanya.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Jogja Siti Nurhayati menjelaskan penetapan DPT kan memperlancar pemilu. “Setelah DPT ditetapkan maka pengadaan logistik pemilu dapat dilakukan dengan terencana dengan baik, termasuk mengadakan surat suara, kotak coblosan, bilik, hingga sosialisasi agar efektif dan tepat sasaran,” ujarnya.

Siti menyebut DPT untuk Pemilu 2024 yang telah ditetapkan akan jadi pedoman penting sosialisasi. “Segmentasi pemilih dalam pemilu ada beragam dan harus disesuaikan agar tepat sasaran, misalnya pemilih perempuan, pemilih difabel, pemilih muda dan semacamnya agar hasil pemilu dapat representatif dahn menghasilkan pemimpin yang terbaik,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Caleg PDIP Karanganyar Laporkan KPU ke Ombudsman, Sebut Lakukan Maladministrasi

News
| Sabtu, 11 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement