Advertisement

Sepak Terjang Gibran di Dunia Politik, Dari Pengusaha Masuk ke Dunia Politik

Restu Wahyuning Asih
Rabu, 18 Oktober 2023 - 15:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
Sepak Terjang Gibran di Dunia Politik, Dari Pengusaha Masuk ke Dunia Politik Gibran Rakabuming Raka - Antara/Aprilio Akbar

Advertisement

Harianjogja, SOLO—Jelang pendaftaran capres dan cawapres 2024, nama Gibran Rakabuming terus disebut. 

Gibran sebelumnya menjadi satu-satunya nama yang didapuk akan mendampingi Prabowo di Pilpres 2024. Namun batasan usia menjadi penghalang langkah Gibran. Kemudian pada Senin (16/10/2023), MK akhirnya mengabulkan sebagian perkara batas usia capres-cawapres. Hal ini otomatis membuat Gibran bisa mendampingi Prabowo. Sayangnya hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai langkah politik Gibran. 

Advertisement

Baca Juga: Gerindra Jogja Ajukan Gibran Jadi Cawapres Pendamping Prabowo 

Diketahui sebelum mendapat tawaran cawapres, Gibran dikenal sebagai anak Presiden Jokowi yang menolak untuk berpolitik. Di hadapan wartawan dan dalam kesempatan yang beragam, Gibran terus mengatakan bahwa ia tidak tertarik untuk mengikuti langkah ayahnya. 

Tegas menolak berpolitik Jelang Pilpres 2019, Gibran dengan tegas mengatakan ia tak berpolitik. Ia pun mengaku tak tertarik dengan politik. Saat ayahnya maju melawan Prabowo, ia pun mengatakan bahwa ia tidak ikut menjadi tim sukses "Saya itu enggak pernah berpolitik dan tidak menjadi tim sukses," kata Gibran saat mengisi kuliah umum di Udinus 2018 lalu. 

Bersama Kaesang fokus bisnis Pada 2019, Gibran masih menolak untuk terjun ke politik. Ia bahkan membawa-bawa nama adiknya, Kaesang, untuk tetap fokus berbisnis. "Saya dan Kaesang masih melakukan aktivitas yang saya lakoni seperti biasa. Jadi masih fokus bisnis. Masih fokus ekspansi bisnis," kata Gibran di hadapan wartawan pada Juli 2019. 

Baca Juga: Prabowo Mesti Izin kepada Megawati Jika Pinang Gibran sebagai Cawapres 

Jadi kader PDIP Namun di tahun yang sama, Gibran tiba-tiba bergabung dengan PDI Perjuangan sebagai kader. Ia pun langsung diberi Kartu Tanda Anggota (KTA) partai PDI-P. Maju Wali Kota Solo Selesai mendaftar menjadi kader, Gibran langsung tancap gas maju pemilihan Wali Kota Solo bersama dengan Teguh Prakoso. Keduanya pun menang karena berhasil mendapatkan suara terbanyak. Pasangan ini mengalahkan Bagyo Wahyono - FX Supardjo dengan meraih suara hingga 86,5 persen dari 260.506 total suara sah. 

Diusulkan cawapres Kini, Gibran diusulkan untuk maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Prabowo Subianto. Bahkan rumor menyebutkan Gibran siap diusung oleh Golkar, bila ia keluar dari PDI Perjuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perkuat Armada Penelitian Laut, Dua Kapal Riset Nasional Dibangun BRIN

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Tak Mau Telat Terbang? Ini 5 Rekomendasi Hotel Bandara Terbaik di Dunia

Wisata
| Selasa, 14 Mei 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement