Advertisement

Pidato Lengkap Gibran Deklarasi Cawapres: Janjikan Dana Abadi Pesantren, KIS Lansia hingga Kartu Anak Sehat

Taufan Bara Mukti
Rabu, 25 Oktober 2023 - 13:17 WIB
Sunartono
Pidato Lengkap Gibran Deklarasi Cawapres: Janjikan Dana Abadi Pesantren, KIS Lansia hingga Kartu Anak Sehat Pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto (kanan) dan Gibran Rakabuming Raka (kiri) menyapa wartawan sebelum menyerahkan syarat pencalonan menjadi presiden dan wakil presiden di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu (25/10/2023). Koalisi Indonesia Maju mendaftarkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden ke KPU pada hari terakhir pendaftaran. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar - tom.

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO—Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpidato untuk pertama kalinya sebagai calon wakil presiden (cawapres) pendamping calon presiden (capres) Prabowo Subianto. Deklarasi pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dilakukan di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta (25/10/2023).

Ini adalah kali pertama Gibran mendampingi Prabowo sejak diumumkan menjadi cawapres yang diusung Koalisi Indonesia Maju pada Minggu (22/10/2023). Dalam kesempatan itu, Gibran menyampaikan pidato pertamanya sebagai cawapres Prabowo.

Advertisement

BACA JUGA : Prabowo-Gibran Mendaftar ke KPU, Ini Rute Arak-arakan Massa Pendukung

Gibran secara spesifik menyasar segmen pemilih muda yang terdiri dari generasi milenial, generasi Z, bahkan para santri. Gibran langsung bicara tentang program-program yang ia tawarkan jika menang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu juga mengaku akan melanjutkan program yang sudah dilakukan saat ini. Ada total 4 program yang disampaikan Gibran dalam pidato pertamanya, yakni dana abadi pesantren, kredit startup, Kartu Indonesia Sehat (KIS) lansia, dan Kartu Anak Sehat. Usai acara di Indonesia Arena tersebut, Prabowo-Gibran akan bertolak ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk mendaftarkan diri.

Berikut isi pidato lengkap Gibran Rakabuming Raka:

Assalamualaikum wr wb.

Salam sejahtera. Shalom Om Swastiastu. Namo Budhaya. Salam kebajikan, rahayu. Yang saya hormati Ketum Gerindra Calon Presiden Pak Prabowo. Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja Pak. Saya sudah ada di sini. Yang saya hormati para ketua umum partai, Ketum Partai Golkar, Ketum Partai PAN, Ketum Partai Demokrat, Ketum Partai Gelora, Ketum PBB, Ketum Partai Prima, Ketum Partai Garuda. Yang paling saya sayangi Ketum PSI. Yang saya hormati, Abah Habib Lutfi, maturnuwun sanget. Teman-teman relawan, teman-teman senior, tokoh-tokoh agama yang saya hormati. Luar biasa sekali.

Kita semua menyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan hal-hal yang terkait anak-anak muda. Generasi milenial. Generasi Z. Dan jangan lupa para santri. Pasti kita dukung penuh.

BACA JUGA Prabowo-Gibran Resmi Mendaftar ke KPU sebagai Pasangan Capres-cawapres di Pilpres 2024

Kita butuh generasi muda yang handal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kebangsaan. Sekali lagi, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa, santri.

Untuk itu mohon Pak Prabowo, saya ingin membocorkan beberapa program unggulan. Dana Abadi Pesantren. Dana Abadi Pesantren ini adalah mandat dari Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019. Sekarang sudah ada KUR, sudah ada yang namanya kredit mekar, sudah ada namanya wakaf mikro. Ada kredit ultra mikro.

Nanti akan kami tambahkan lagi. Kredit start-up milenial. Ini untuk bisnis-bisnis para milenial yang berbasis inovasi dan teknologi. Sekarang sudah ada KIS, Kartu Indonesia Pintar, ada PKH. Nanti saya tambahkan lagi KIS Lansia.

Ada satu lagi, tapi ini yang bawa biar istri saya saja. Soalnya ini berhubungan dengan ibu dan anak. Kartu anak sehat. Untuk pencegahan stunting. Lalu tak lupa, hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian, perikananan. Ini wajib.

Dan juga ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan. Bapak dan ibu sekalian, saya yakini keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas. Sekali lagi, terima kasih bapak ibu semua. Mohon doanya agar semuanya lancar. Dan semoga perjalanan kita ke depan dapat dimudahkan.

Terima kasih. Wassalamualaikum wr wb.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Insiden Balon Udara Raksasa Meledak dan Membakar Sejumlah Remaja di Ponorogo

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement