Advertisement

Sekjen PDIP Mengaku Ditekan Penguasa, Golkar: Sudahlah!

Reyhan Fernanda Fajarihza
Senin, 20 November 2023 - 15:47 WIB
Arief Junianto
Sekjen PDIP Mengaku Ditekan Penguasa, Golkar: Sudahlah! Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Giliran Partai Golkar kini yang merespons pernyataan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto soal partainya yang mendapatkan tekanan penguasa sepanjang tahapan Pilpres 2024 selama ini.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung meminta agar Hasto menyudahi tudingan tersebut demi menjaga kondusivitas seiring dengan hari pemilihan yang kian dekat.

Advertisement

"Jadi, sudahlah, maksud saya mari kita saling menjaga, enggak usah juga saling tuding-tudingan. Ini kan kayak gini, jadinya nantinya nunjuk gini, satu [jari] ke depan, empat ke dalam, gitu, lo," katanya dalam jumpa pers di depan ruang sidang Komisi II DPR RI, Jakarta Pusat pada Senin (20/11/2023).

Menurutnya, pernyataan bahwa terdapat tekanan hingga indikasi kecurangan itu hanya merupakan upaya untuk memojokkan salah satu pasangan capres-cawapres. Dia kemudian mengimbau agar tidak ada lagi pernyataan yang mengundang fitnah maupun tudingan lain terhadap pasangan calon tertentu.

"Makanya saya kira kita jangan membuat pernyataan yang mengundang. Satu, fitnah. Kedua, seolah-olah kita ini enggak, yang lain iya. Kira-kira begitu," imbuhnya.

Ketua Komisi II DPR RI ini juga menyerukan seluruh pihak untuk berkomitmen dalam menjaga pemilu, bila perlu dengan memberikan pernyataan secara langsung.

Dirinya kemudian mengatakan bahwa capres yang diusung partainya, Prabowo Subianto, juga berpesan agar merangkul pihak lain terlepas dari siapa yang akan memenangkan Pemilu nantinya.

"Siapa yang nanti menang harus dirangkul gitu, lho. Jadi mari kami sama-sama berkompetisi dengan sehat, kemudian saya berkali-kali sudah mengatakan rakyat ini bagaimana kita sampaikan pesan visi kita apa 5 tahun ke depan, program-program yang kita tawarkan seperti apa, itu lebih menarik didiskusikan, diperdebatkan ketimbang nuduh-nuduh orang tapi kita buat juga," pungkasnya.

BACA JUGA: PDIP Klaim Ditekan setelah Pencopotan Baliho, Jubir Prabowo: Silakan Laporkan Saja!

Sebelumnya, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Hasto Kristiyanto, mengatakan pihaknya belakangan banyak mengalami tekanan seperti pencopotan baliho di beberapa daerah.

Menurutnya, tekanan ini datang dari instrumen kekuasaan dan hukum yang ikut campur dalam gelaran Pilpres 2024. "Kami mendapatkan tekanan yang begitu kuat dari luar negeri, karena Indonesia yang sebelumnya dipuji dengan track record [rekam jejak] demokrasi yang baik, tapi kemudian mundur ke belakang. Bahkan, terjadi the darkness of Indonesian democracy [kekelaman demokrasi Indonesia]. Ini yang kami sangat prihatin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Pemilu2024 | 1 week ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement