Advertisement

Sektor Pariwisata Diusulkan Jadi Tema dalam Debat Capres Cawapres

Newswire
Sabtu, 06 Januari 2024 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Sektor Pariwisata Diusulkan Jadi Tema dalam Debat Capres Cawapres Ilustrasi debat capres/cawapres. (Freepik)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sektor pariwisata, menjadi salah satu tema debat pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) Pemilu 2024 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Usulan ini disampaikan praktisi dan pemerhati pariwisata Sanggam Hutapea mengusulkan

"Harusnya sebagai salah satu sektor andalan penyumbang devisa, pariwisata sepantasnya menjadi salah satu topik debat para capres-cawapres," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (6/1/2024).

Advertisement

Hal itu disampaikan Sanggam menyoroti sektor pariwisata sebagai salah satu penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia, tidak menjadi salah satu tema debat yang telah ditetapkan oleh KPU.

Dia menjelaskan pengembangan bidang sektor pariwisata ini, dipastikan akan berdampak pada sektor-sektor lainnya dalam perputaran roda ekonomi, seperti sektor UMKM, industri penginapan, restoran, jasa transportasi, dan perdagangan.

BACA JUGA: Dhaup Ageng Jadi Daya Tarik Wisata, Reservasi Hotel di Jogja Naik

Padahal, kata dia, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini sedang gencar-gencarnya membangun 10 destinasi wisata di luar Bali, sebagai upaya pemerintah untuk mendorong tingkat kunjungan wisatawan, sekaligus menggenjot investasi di sektor pariwisata.

"Jadi aneh, sektor pariwisata ini luput dari perhatian penyelenggara debat capres cawapres," ujarnya.

Dia pun mengusulkan kepada KPU, untuk sesi debat keempat atau kelima, dapat mempertimbangkan untuk memasukkan sektor pariwisata jadi salah satu topik debat.

"Saya berharap materi debat tentang pariwisata dapat dimunculkan di sesi debat keempat atau kelima," katanya.

Lanjut dia, para capres dan cawapres dapat menyampaikan program mereka untuk pembangunan dan pengembangan pariwisata.Jika pengembangan pariwisata digencarkan pemerintahan mendatang, dia meyakini kontribusi dari industri pariwisata akan terus meningkat.

"Bukan hanya untuk devisa bagi negara, tetapi akan membuka ribuan usaha dan lapangan kerja, serta memberikan kesejahteraan kepada rakyat," katanya menegaskan.

Tema debat keempat untuk cawapres yakni pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa. Sementara tema debat kelima untuk capres yakni kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye Pemilu 2024 mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Persentase Pemuda di Italia Turun Drastis, Jumlah Lansia Meningkat

News
| Kamis, 16 Mei 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement