Advertisement

Polisi Petakan Keamanan Jelang Debat Capres Nanti Malam, Begini Skenario Pengamanannya

Newswire
Minggu, 07 Januari 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Polisi Petakan Keamanan Jelang Debat Capres Nanti Malam, Begini Skenario Pengamanannya Ilustrasi pengamanan polisi. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Polisi memetakan keamanan di lokasi debat calon presiden (capres) yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (7/1/2024) malam.

"Kami sudah menempatkan personel dan sterilisasi di Ring 1 area debat, area paslon dan tamu undangan," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Minggu.

Advertisement

Tak hanya itu, pengamanan juga dilakukan di Ring 2 dan Ring 3. Lokasi tersebut merupakan sektor terluar pintu keluar-masuk ke kawasan Gelora Bung Karno (GBK) hingga di tempat-tempat parkir.

Dalam rangka pengamanan saat debat capres ketiga yang diselenggarakan KPU, pihaknya mengerahkan sebanyak 3.101 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemda DKI dan instansi terkait.

Selain itu, lokasi debat berada di dalam area kawasan GBK sehingga belum perlu dilakukan penutupan jalan.

Rekayasa lalu lintas berlaku secara situasional bila dibutuhkan. "Untuk penutupan dan pengalihan arus lalu lintas kami melihat dinamika situasi di lapangan. Kami juga ingin masyarakat yang beraktivitas di sekitar kawasan GBK tidak terganggu," ujar Susatyo.

KPU juga sudah membuat aturan debat bagi Capres Pemilu 2024 maupun tata tertib bagi para pendukung pasangan calon (paslon). “Untuk itu, kami tinggal melaksanakan teknis pengamanannya dengan bersikap persuasif dan humanis,” ucap dia.

BACA JUGA: Debat Capres Nanti Malam, KPU Larang Penggunaan Istilah Asing Tak Lazim ala Gibran

Dengan kesiapan pengamanan yang sudah dijalankan, Kapolres Metro Jakarta Pusat mengajak kepada semua pihak untuk selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama debat capres berlangsung.

KPU RI menggelar Debat Ketiga Capres Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga calon presiden (capres) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam, mulai pukul 19.00 WIB.

Debat yang diikuti oleh capres untuk kedua kalinya itu mengangkat tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Debat capres tersebut dipandu oleh dua moderator, yakni Anisha Dasuki dan Aryo Ardi. Kemudian, ada 11 panelis sebagai tim penyusun pertanyaan untuk ketiga capres peserta Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Pemilu2024 | 1 week ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pabrik Sepatu Bata di Purwakarta Tutup, Karyawan Ucapkan Selamat Tinggal

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement