Advertisement

83.524 Anggota KPPS di DIY Dilantik Hari Ini

Abdul Hamied Razak
Kamis, 25 Januari 2024 - 08:07 WIB
Abdul Hamied Razak
83.524 Anggota KPPS di DIY Dilantik Hari Ini Petugas KPPS mengenakan kostum badut di TPS 4, RW 2, Bener, Tegalrejo. - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak 83.524 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang akan bertugas melayani pemilih pada pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari 2024 nanti dilantik hari ini, Kamis (25/1/2024).

Ketua KPU DIY Ahmad Shidqi mengatakan para anggota KPPS tersebut tersebar di 11.932 TPS, 438 Kalurahan/keluarahan, 78 Kepanewon/Kemantren, dan 5 Kabupaten/Kota se DIY. "Masa kerja KPPS ini akan dimulai sejak 25 Januari – 25 Februari 2024. Para anggota KPPS, akan mendapatkan honor Rp1,2 juta untuk ketua dan Rp1,1 juta untuk anggota," katanya, Kamis (25/1/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang di Jogja dan Sekitarnya

Selain memfasilitasi pemungutan dan penghitungan suara, lanjut Shidqi, anggota KPPS juga bertugas mendokumentasikan serta mempublikasikan hasil penghitungna suara di TPS melalui aplikasi SIREKAP atau Sistem Informasi Rekapitulasi yang nantinya bisa diakses oleh publik.

Dalam pelantikan tersebut, kata Shidqi, sebagai komitmen KPU terhadap pelestarian alam dan sebagai pengganti pohon yang digunakan untuk kebutuhan logistik pemilu, khususnya surat suara dan formulir-formulir yang digunakan dalam pemilu, para anggota KPPS juga melakukan penanaman pohon. "Total pohon yang akan ditanam di wilayah DIY adalah sejumlah 83.524 batang," katanya.

Selanjutnya, sambung Shidqi, Untuk memperkuat pemahaman Anggota KPPS terhadap tugas dan fungsinya mereka akan mendapatkan pelatihan dan bimbingan teknis tentang pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Bimtek digelar mulai tanggal 26 – 29 Januari 2024.

"Dengan pelatihan tersebut diharapkan terwujudnya profesionalisme dan integritas anggota KPPS dalam melaksanakan tugasnya melayani pemilih, sehingga kekeliruan dalam penghitungan dan pencatatan hasil penghitungan suara nanti juga bisa diminimalisir dengan baik," katanya.

BACA JUGA: Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik Hari Ini di Sleman dan Kota Jogja, Kamis 25 Januari 2024

Tidak kalah penting, lanjut Shidqi, untuk mencegah jatuhnya korban sakit dan meninggal dunia di kalangan anggota KPPS, KPU mengutamakan personil yang berusia di bawah 55 tahun dan dilakukan screening kesehatan meliputi pemeriksaan kolesterol, gula darah dan tekanan darah.

"Tidak berhenti di situ, untuk memantau atau memonitor kesehatan anggota KPPS ini, KPU DIY juga telah bekerjasama dengan Dinas Kesehatan DIY dan Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat UGM. Dengan Ikhtiar tersebut diharapkan pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah DIY pada 14 Februari 2024 akan berjalan dengan lancar dan aman," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Banjir Afghanistan, 400 Orang Dilaporkan Meninggal Dunia

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement