Advertisement

Viral Video Surat Suara Pilpres Tercoblos, Berikut Klarifikasi PPLN Jeddah

Erta Darwati
Selasa, 13 Februari 2024 - 17:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Viral Video Surat Suara Pilpres Tercoblos, Berikut Klarifikasi PPLN Jeddah Petugas KPU memeriksa surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, GOR Cempaka Putih, Jakarta, Senin (5/2/2024). - Antara - Erlangga Bregas Prakoso

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebuah video viral karena pemilih di Jeddah protes atas surat suara yang sudah tercoblos. Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah, Yasmi Andriyansah pun memberikan klarifikasi.

Yasmi membenarkan bahwa video yang sempat viral tersebut merupakan proses pemilihan umum (pemilu) yang berlangsung di Jeddah. Adapun dia mengatakan bahwa dari penjelasan Ketua Kotak Suara Keliling (KSK) 2 di Mekah dan klarifikasi yang dilakukan dengan pemilih yang bersangkutan, Buya Abdul Wahid yang berada di video tersebut, kemudian dia menyampaikan beberapa hal.

Advertisement

BACA JUGA: 3 Pakar Hukum dan Sutradara Dirty Vote Dilaporkan ke Polisi

"Pertama Buya Abdul Wahid sudah menyatakan ketidaktelitian beliau saat pencoblosan, kedua beliau sangat tidak setuju dan menyayangkan narasi yang beredar seolah telah terjadi kecurangan, ketiga beliau menyatakan pada kami bahwa para penyelenggara telah melayani dengan baik dan beliau sangat menghargai hal tersebut," katanya, dalam video di Instagram @pplnjeddah2024, dikutip Selasa (13/2/2024).

Kemudian, Yasmi meminta pihak kepolisian untuk segera mengusut pihak yang menarasikan dan menyebarkan informasi tersebut. "Kami PPLN Jeddah akan meminta kepolisian untuk melakukan investigasi menyeluruh atas penyebaran informasi yang menyesatkan ini," tambahnya.

BACA JUGA: Sirekap KPU Dinilai Untungkan Prabowo-Gibran dan Rugikan Ganjar-Mahfud

Seperti diketahui, beredar video di media sosial yang memperlihatkan pemilih di Jeddah memprotes surat suara yang sudah tercoblos paslon tertentu. Video terkait surat suara tercoblos itu viral dan ramai oleh pegiat sosial usai diunggah oleh salah satu pengguna di platform X.

Adapun dalam video tersebut terlihat salah satu pemilih akan melakukan pencoblosan, tetapi surat suaranya sudah tercoblos paslon nomor urut 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Prabowo Subianto: Terima Kasih MK!

Pemilu2024 | 1 week ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement