Advertisement

Perguruan Tinggi Diminta Berperan Sukseskan Target Net Zero Emission

Lugas Subarkah
Sabtu, 28 Januari 2023 - 16:47 WIB
Sunartono
Perguruan Tinggi Diminta Berperan Sukseskan Target Net Zero Emission Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Irhas Efendi, saat membuka Seminar V dengan tema Peran Badan Kejuruan Teknik Perminyakan dan Geothermal Persatuan Insinyur Indinesia (BKTMG-PPI) di Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (28/1/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Industri migas saat ini dihadapkan pada isu lingkungan. Gas di Indonesia selalu ada ikutan CO2. Sehingga hal ini yang perlu ditangani agar sumber daya gas yang ada di Indonesia bisa terus dikembangkan.

Hal ini disampaikan Dirjen Migas, Tutuko Ariadji, dalam Konvensi dan Seminar V dengan tema Peran Badan Kejuruan Teknik Perminyakan dan Geothermal Persatuan Insinyur Indinesia (BKTMG-PPI) di Fakultas Teknologi Mineral UPN Veteran Yogyakarta, Sabtu (28/1/2023).

Advertisement

BACA JUGA : 40 Persen Emisi Karbon Dampak dari Properti, PLTS Bisa

Ia menuturkan tanpa penanganan, pada 2060, Indonesia diprediksi akan menghasilkan 1,9 giga ton CO2. Emisi ini tidak bisa dihilangkan sampai 0, namun emisi yang dikeluarkan harus ditangani. “Salah satu yang dilakukan pemerintah adalah dengan fishing out Pembangkit Listrik Batubara,” ujarnya.

Pemerintah tidak mengizinkan Pembangkit Listrik Batubara yang baru. Sedangkan untuk yang sudah ada tetap diteruskan. “Dari yang baru itu akan mengeluarkan emisi CO2 cukup besar. Perkembangannya luar biasa emisi ini jika tidak ditangani,” katanya.

Indonesia sebenarnya memiliki Carbon Capture and Storage [CCS] yang mencukupi, yakni sekitar 80 giga ton CO2 pada saline aquifer. Masalahnya, biaya CCS masih cukup tinggi. “Jadi ini diperlukan perguruan tinggi dan BKTMG, mengantisipasi teknologi yang bisa mengurangi cost ini,” ungkapnya.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Irhas Efendi, menuturkan dalam mencapai target net zero emission, UPN Veteran Yogyakarta sebagai institusi pendidikan turut mengambil peran melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan sumberdaya manusia yang professional.

BACA JUGA : Penggunaan Biomassa di PLTU untuk Kurangi Emisi Karbon 

“Melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat [LPPM], berbagai produk Energi Baru Terbarukan [EBT] telah dihasilkan. Misalnya mengolah sorgum manis menjadi biodiesel dan mengolah kemiri sunan menjadi biofuel,” kata dia.

Di tengah proses transisi dari energi fosil ke EBT, pihaknya juga mendorong agar mahasiswa UPN Veterab Yogyakarta mempunya keahlian di bidang pengambangan EBT. Meski energi fosil seperti minyak dan gas serta batubara tidak serta merta ditinggalkan.

“Proses transisi energi menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana UPN Veteran Yogyakarta yang juga memiliki konsen di sektor energi menyikapi transisi ini. Harus lebih bisa melihat peluang, pemanfaatan energi-energi yang bersifat baru atau terbarukan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Penetapan Pilpres oleh KPU, Gibran: Nanti Ada Beberapa Pertemuan

News
| Selasa, 23 April 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement