Advertisement

Dorong Kegiatan Membacakan Nyaring, Komunitas Read Aloud Jogja Rayakan World Read Aloud Day

Lajeng Padmaratri
Rabu, 01 Februari 2023 - 13:27 WIB
Lajeng Padmaratri
Dorong Kegiatan Membacakan Nyaring, Komunitas Read Aloud Jogja Rayakan World Read Aloud Day Komunitas Read Aloud Jogja merayakan World Read Aloud Day (WRAD) 2023 pada Minggu (29/1 - 2023) lalu di Casario Riverside, Ngaglik, Sleman. / Ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Penelitian menunjukkan bahwa kegiatan membacakan nyaring berdampak positif pada perkembangan anak-anak. Demi mencapai tujuan itu, pegiat literasi di Jogja terus mengenalkan kegiatan membacakan nyaring atau read aloud kepada masyarakat, salah satunya dengan mengadakan kegiatan Perayaan World Read Aloud Day (WRAD) 2023.

WRAD merupakan perayaan membacakan nyaring sedunia yang sudah dilakukan selama lebih dari 10 tahun dan diperingati setiap hari Rabu pertama pada bulan Februari setiap tahunnya. Pada tahun ini, WRAD jatuh pada hari Rabu (1/2/2023). Perayaan ini bertujuan untuk memperkenalkan, mengingatkan, dan mendorong literasi yang merupakan salah satu hak asasi pokok manusia.

Advertisement

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa membacakan nyaring setiap hari pada anak-anak membuat perkembangan mereka terlihat satu tahun lebih maju dibandingkan anak-anak yang tidak dibacakan nyaring, terlepas dari penghasilan, tingkat pendidikan, maupun latar belakang budayanya.

Komunitas Read Aloud Jogja (RAJo) bersama sejumlah relawan turut mengadakan perayaan WRAD 2023 di Casario Riverside, Ngaglik, Sleman pada Minggu (29/1/2023) lalu. Acara yang menjadi salah satu program yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini kali ini mengangkat tema “Piknik”.

Pengurus Komunitas Read Aloud Jogja sekaligus ketua acara, Hanida Ucha Amalia menerangkan tema itu diangkat untuk mengajak anak bersenang-senang dan dan mendapat hiburan dari kegiatan ini. Pemilihan venue yang luas dan berada di tepi sungai sangat cocok untuk bermain dan bersantai bersama anak-anak sambal membacakan buku.

“Tujuan kegiatan perayaan WRAD 2023 ini adalah untuk menjadi sarana komunitas memperkenalkan aktivitas read aloud [membacakan nyaring] bagi masyarakat DIY. Kegiatan ini terbuka untuk umum dan diikuti oleh kurang lebih 80 anak dari berbagai wilayah di DIY,” kata Ucha melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (1/2/2023).

Acara ini disambut baik oleh anak-anak dan orang tua, terlihat dari antusiasme untuk mengikuti kegiatan ini. Adapun kegiatan dalam perayaan WRAD 2023 ini antara lain berupa aktivitas read aloud (membacakan nyaring), bookish play (aktivitas bermain dengan anak yang berhubungan dengan tema sebuah buku), serta berbagai lapak permainan dan juga ada stand garage sale.

Kegiatan perayaan WRAD ini sangat berkesan bagi para peserta, baik anak-anak maupun orang tua. Ucha berharap, melalui kegiatan ini, timbul ketertarikan dan kesadaran para orang tua untuk rutin membacakan nyaring pada anak-anaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement