Advertisement

Dukung Aisyiyah Berkemajuan, Dosen UMY Gelar Pelatihan Komunikasi Organisasi yang Efektif

Media Digital
Minggu, 05 Februari 2023 - 22:37 WIB
Sunartono
Dukung Aisyiyah Berkemajuan, Dosen UMY Gelar Pelatihan Komunikasi Organisasi yang Efektif Pimpinan Cabang Aisyiyah (PAC) Ngampilan, Kota Jogja mengikuti pelatihan yang digelar UMY, Minggu (5/2/2023). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM UMY) menggelar pelatihan Komunikasi Organisasi yang Efektif untuk 'Aisyiyah yang Berkemajuan pada Pimpinan Cabang Aisyiyah (PAC) Ngampilan, Kota Jogja Minggu (5/2/2023).

Tim Pengabdian kepada Masyarat UMY diketuai Adhianty Nurjanah, dosen Ilmu Komunikasi UMY, dan beranggotakan Nano Prawoto dosen Ilmu Ekonomi UMY. Pengabdian ini merupakan wujud nyata dari pelaksanaan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat Skema PKM. 

Advertisement

BACA JUGA : Dosen UMY Beri Pelatihan Komunikasi Terapeutik dan Hibah

Adhianty mengatakan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan guna menginternalisasikan ideologi perempuan yang memiliki pemikiran dan pengetahuan maju, ikhlas, istikomah, komitmen tinggi, dan pengkhidmatan dengan memperhatikan metode komunikasi organisasi yang efektif. Harapannya dapat mewujudkan Aisyiyah yang berkemajuan.

“Komunikasi adalah kunci dari keberhasilan organisasi, sehingga dalam implementasi komunikasi organisasi yang efektif untuk Aisyiyah yang berkemajuan perlu menekankan nilai-nilai ajaran islam yang damai, melakukan gerakan untuk perempuan yang berkemajuan, menjunjung tinggi keadaban mulia, dan berwawasan wasathiyah untuk peradaban Rahmatan li-‘alamin” kata Adhianty melalui keterangan tertulis yang diterima Harianjogja.com, Minggu (5/2/2023).

Pelatihan yang dikemas dengan metode sharing session diikuti seluruh pengurus dan anggota Pimpinan Cabang Aisyiyah Ngampilan. Ketua PCA Ngampilan Siti Bari’ah yang menghadiri pelatihan menyambut baik dan berterima kasih atas kerja sama UMY.

“Kami berharap kegiatan ini bisa dilanjutkan sehingga PCA Ngampilan bisa berkemajuan dan seluruh anggota dan pengurus mampu menjadi insan yang cerdas, dan memiliki leadership yang baik dalam kepengurusan Aisyiyah,” ujar Siti Bari’ah.

Adhianty mengatakan masyarakat dewasa ini hidup di tengah derasnya perkembangan sistem komunikasi, sehingga tidak jarang adanya hambatan dalam proses komunikasi organisasi. Oleh karena itu kepengurusan organisasi perlu mempersiapkan strategi untuk mengurangi hambatan dalam komunikasi organisasi.

“Di antaranya berkomunikasi secara teratur & konsisten sesuai visi misi organisasi, menciptakan iklim komunikasi kondusif melalui kegiatan informal, berkomunikasi dua arah, dan yang terpenting di era skarang perlu menggunakan system informasi management berbasis IT atau media digital” jelas Adhianty.

BACA JUGA : UMY Beri Bekal Bagi Puluhan Tendik yang Purna Tugas

Pelaksanaan pengabdian komunikasi organisasi yang efektif untuk Aisyiyah yang berkemajuan berjalan lancar dan mendapatkan antusias penuh dari peserta pelatihan. Hal ini dapat dilihat dari aktifnya peserta pada sesi diskusi tanya jawab serta aktif dalam bertukar informasi pada saat pengbadian berlangsung.

Pada kesempatan pelatihan ini Tim Pengabdian Dosen UMY turut memberikan satu unit Handphone Samsung A13 guna mendukung proses komunikasi organisasi yang berkemajuan dengan menggunakan system digital dalam proses penyampaian pesan.

Melalui Pengabdian Masyarakat Skema PKM ini menjadi solusi untuk membenahi proses komunikasi organisasi internal ‘Aisyiyah untuk mencapai visi perempuan yang berkemajuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditangkap di Kontrakannya, Begini Tampang Pelaku Pemerasan Penumpang Grab Car

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement