Advertisement

Sungai Serayu Opak Berpotensi untuk Pengembangan Energi Terbarukan

Sunartono
Rabu, 08 Maret 2023 - 05:57 WIB
Sunartono
Sungai Serayu Opak Berpotensi untuk Pengembangan Energi Terbarukan Coffee Morning Lecturer bertajuk Prospek dan Tantangan Penerapan Hydropower di Indonesia yang digelar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII). - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Wilayah Sungai Serayu Opak memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan guna menghasilkan energi baru dan terbarukan atau EBT. Potensi renewable energy itu dapat berbentuk bentuk potensi PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) dan PLTMH (Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro).

Isu ini dibahas dalam diskusi Coffee Morning Lecturer bertajuk Prospek dan Tantangan Penerapan Hydropower di Indonesia yang digelar Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) Universitas Islam Indonesia (UII), Kamis (2/3/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Pohon Lamtoro Bisa Diolah Jadi Sumber Energi Baru

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Perencanaan dan Program Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSSO) Shakti Rahadiansyah menyatakan Kawasan sungai Serayu Opak memang memiliki banyak potensi. Bahkan izin penggunaan air di Indonesia setengah di antaranya berasal dari Jogja dalam hal ini Sungai Serayu Opak yang berafa di bawah kendali BBWSSO.

“Kalau misalnya ada 10.000 izin terkait air, dari Jogja ada 5.000. Izin penggunana air untuk wilayah serayu opak ini cukup tinggi,” katanya.

Ia membeberkan sejumlah potensi aliran sungai yang dapat dimanfaatkan untuk PLTA dan PLTMH di antaranya Klawing Serayu dengan potensi 14,1 megawatt, Karangsembung 19 megawatt, Bogowonto 2 tercatat 5 megawatt dan Bogowonto 3 juga 5 megawatt.

BACA JUGA : Dukung Energi Terbarukan, 2 Perusahaan Besar DIY

“Potensi keempatnya ini sangat besar dan sampai saat ini belum dibangun pemanfaatan energinya. Seandainya ada yang bisa memanfaatkan tentu akan kami persilahakan,” katanya.

Selain itu ada bendungan yang juga berpotensi untuk dikembangkan dan menghasilkan energi. Terdiri atas Bendungan gerak Serayu yang diperkirakan mampu menghasilkan energi 5 megawatt, Waduk Bener sebanyak 6 megawatt dan Waduk Lintang diprediksi mampu hasilkan 5 megawatt.

“Kalau yang eksisting sudah berjalan itu Wadaslintang, Sempor dan Mrica,” katanya.

Dekan FTSP UII Ilya Fajar Maharika mengatakan UII sebagai lembaga Pendidikan tinggi akan terus berupaya memproduksi ilmu pengetahuan, terutama yang sesuai dengan fakultasnya di bidang perencanaan dan sipil. Melalui diskusi tersebut secara perlahan dapat diungkap bahwa Kawasan Serayu Opak ternyata memiliki potensi energi yang sangat besar. Sifatnya energinya pun terbarukan sehingga bisa menjadi alternatif ke depan.

BACA JUGA : Energi Terbarukan Sulit Dikembangkan di DIY, Ini Penyebabnya

“Ada beberapa hal, kita peru integrasi keilmuan tugas perguruan salah satu perlu integrasi kebijakan. Pertemuan itu berusaha mengubah sudut pandang memproduksi pengetahuan harus tetao berjalan karena itu tugas utama perguruan tinggi. Tetapi membumikan konteks problem yang ada di masyarakat jadi kewajiban harus dilakukan. Maka kami gelar diskusi dengan tema yang dibutuhkan masyarakat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement