Advertisement

Dorong Semangat Kewirausahaan Lewat Program Figur Inspiratif Lokal di Kampus

Sunartono
Rabu, 17 Mei 2023 - 22:47 WIB
Sunartono
Dorong Semangat Kewirausahaan Lewat Program Figur Inspiratif Lokal di Kampus Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan Simpul Tumbuh UII Arif Wismadi. - Youtube

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Bank Rakyat Indonesia (BRI) bersama Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (Ibisma) Direktorat Pembinaan & Pengembangan Kewirausahaan UII melakukan kick-off program Figur Inspirasi Lokal (FIL) tahun 2023, Rabu (17/5/2023). Kegiatan ini  bertujuan untuk mendorong semangat kewirausaahan terutama di kalangan mahasiswa.

Direktur Pembinaan dan Pengembangan Kewirausahaan Simpul Tumbuh UII Arif Wismadi menjelaskan profram FIL merupakan kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia dalam upaya menumbuhkan sosok inspiratif di bidang kewirausahaan. Sasarannya pun sangat beragam, bisa dari kalangan penggerak maupun pelaku usaha kecil hingga masyarakat yang memiliki kepedulian terhadap pemberdayaan di sekitarnya.

Advertisement

BACA JUGA : Startup asal Jogja Ini, Hadirkan Kecerdasan Buatan waAES

“Prinsipnya agar lebih banyak memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitarnya dalam upaya menumbuhkan kewirausahaan. Pesertanya bisa dari kalangan UMKM, tokoh masyarakat, pengurus badan usaha usaha desa atau bahkan dari mitra-mitra BRI di desa-desa,” kata Wismadi dalam Kick-Off Program Figur Inspirasi Lokal (FIL) tahun 2023 yang berlangsung secara hybrid, Rabu (17/5/2023).

Ia mengatakan para peserta yang terlibat lebih dahulu akan diberikan pelatihan berbasis entrepreneur. Di antaranya membangun personal branding, digital marketing, kepemimpinan dan ketrampilan hingga strategi berkomunikasi.

“Harapannya mereka lebih meningkat produktivitasnya dalam berwirausaha, bisa mengembangkan usaha kecilnya. Terutama mampu menginspirasi orang di sekitarnya. Karena program untuk memberdayakan figur inspiratif lokal menjadi pendamping dan penggerak informal pelaku usaha mikro,” katanya.

Adapun jumlah peserta saat ini sebanyak 300 orang. Assistant Vice President Social Entrepreneurship and Incubation Bank Rakyat Indonesia Andika Rahmansyah menyatakan program itu berjalan sejak 2020 dengan menggandeng berbagai perguruan tinggi. Dalam perjalanannya sudah menghasilkan ratusan figur inspiratif yang mampu menjadi inspirasi bagi sekitarnya. 

“Kami berharap ini bisa bermanfaat bagi para pelaku usaha kecil seperti UMKM dana sejenisnya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Ilkom UAD Menggelar Comday 11

Pendidikan | 1 month ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perbaikan Tol Bocimi Akibat Longsor Ditargetkan Rampung Juni

News
| Selasa, 16 April 2024, 16:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement