Advertisement

UNY Memperkuat Kemitraan dengan Media

Media Digital
Selasa, 15 Agustus 2023 - 21:47 WIB
Maya Herawati
UNY Memperkuat Kemitraan dengan Media Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha UNY, Maargana (ketiga kanan) bersama sejumlah perwakilan media berfoto dalam penandatanganan MoU dan Bincang Kemitraan Seri 1 di Hotel UNY, Selasa (15/6/2023). - Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

SLEMAN—Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) memperkuat kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan media masa. Hal ini disampaikan dalam penandatanganan nota kesepakatan atau memorandum of understanding (MoU) dan Bincang Kemitraan Seri 1 antara UNY dengan sejumlah pimpinan redaksi media masa di Hotel UNY, Selasa (15/6/2023).

Wakil Rektor Bidang Riset, Kerja Sama, Sistem Informasi dan Usaha UNY, Margana mengatakan mulai 2023 ini UNY menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTNBH) sehingga mengalami berbagai perubahan baik dari sisi akademik maupun non akademik.

Advertisement

Dalam menjalankan perannya sebagai PTNBH dan menuju perguruan tinggi berkelas dunia, UNY berkolaborasi dengan enam pilar. “Pertama, pemerintah Pusat dan daerah menjadi tumpuan kami dalam berkolaborasi. Kedua, perguruan tinggi bukan hanya dalam negeri, karena kami akan mengepakkan sayap di luar negeri dengan berbagai benua,” ujarnya.

BACA JUGA: Siap Jadi Investor, PLN Ingin TPA Piyungan Jadi Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Ketiga, masyarakat umum yang dalam hal ini diwujudkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Keempat, dunia usaha dan industri. Kelima, sekolah, karena UNY adalah perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang pendidikan. “Keenam yang tidak kalah pentingnya adalah media massa yang menjadi mitra UNY berkolaborasi berbagai hal,” katanya.

Salah satu yang bisa dikerjasamakan yakni dalam program praktisi masuk kampus yang merupakan bagian dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dalam program ini, wartawan bisa menjadi praktisi yang mengajar untuk jurusan komunikasi. “Kami mohon Dekan dan Dosen Ilmu Komunikasi UNY dapat mengambil dari media masa sebagai praktisi masuk kampus,” katanya.

Untuk pengembangan SDM di dalam ekosistem media, UNY memiliki berbagai program pendidikan yang mengacu pada Permendikbud Ristek No. 41/2021 tentang Rekognisi Pembelajaran Lampau. “Pada Tipe A1, mungkin dulu ada kolega yang S1 belum selesai, tinggal tugas akhir. Yang seharusnya S1 bisa sampai tujuh tahun, dengan program ini bisa satu semester,” katanya.

Peliputan program dan berbagai karya ilmiah yang dihasilkan civitas academica UNY juga bisa dilakukan. “Kami mohon bapak ibu dosen dan mahasiswa, bisa mempublikasikan karya ilmiahnya sebagai hilirisasi berbagai kegiatan riset,” kata dia. (BC)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement