Advertisement

Career Day FEB UGM, BPKH Buka Kesempatan Mahasiswa Berkarir

Media Digital
Rabu, 16 Agustus 2023 - 19:17 WIB
Ujang Hasanudin
Career Day FEB UGM, BPKH Buka Kesempatan Mahasiswa Berkarir Sejumlah mahasiswa mengunjungi stan BPKH dalam Career Day FEB UGM, Rabu (16/8/2023) Harian Jogja - Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) UGM menggelar Career Day, Selasa dan Rabu (15-16/8/2023). Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menjadi salah satu lembaga yang terlibat dalam kegiatan ini dan membuka kesempatan lulusan FEB UGM berkarier.

Anggota Badan Pelaksana BPKH, Sulistyowati, menjelaskan pada September-Oktober nanti, BPKH memiliki program perekrutan pegawai baru di level officer. “Namanya Officer Development Program [ODP]. Syaratnya harus lulus dulu, kami mencari yang fresh graduate,” ujarnya.

Advertisement

Sebanyak 20 orang dibutuhkan dalam program ODP ini, yang nantinya akan dilatih selama satu tahun sebelum diangkat sebagai pegawai. “Tidak harus lewat staaf. Kalau di militer itu lewat jalur AKABRI yang langsung letnan. Jadi ini pasti menarik bagi mahasiswa,” katanya.

Walau belum dimulai, namun BPKH sudah mulai mensosialisasikan program ini. Selain UGM, BPKH juga mensosialisasikan di kampus-kampus terbaik lainnya, seperti UI, Unpad, STAN dan lainnya. “Harapannya salah satu universitas terbaik di Indonesia ini bisa bergabung di BPKH,” ungkapnya.

Dalam kegiatan Career Day tersebut, di hari kedua BPKH juga menggelar talkshow yang mempresentasikan apa saja yang dikerjakan BPKH dan bagaimana detail program ODP. “Supaya mereka tahu mau kerja dimana, barangnya itu seperti apa,” kata dia.

Program ini juga merupakan kelanjutan dari penandatanganan MOU kerja sama antara BPKH dengan FEB UGM pada Juli lalu. “Salah satunya adalah kami bekerja sama baik untuk mahasiswanya maupun untuk dosen. Untuk mahasiswanya, kami akan menerima mereka untuk magang atau nanti ada kesempatan kalau kami butuh karyawan,” katanya.

Sementara untuk dosen yakni pada bidang penelitian dan pengkajian yang akan digunakan oleh BPKH dalam pengambilan kebijakan. Dengan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BPKH dan di sisi lain dapat menambah penyerapan Sumber Daya Manusia (SDM) dari FEB UGM.

Sebelumnya, Dekan UGM, Didi Achjari, mengatakan kerja sama dengan BPKH ini meliputi tridarma perguruan tinggi, yakni penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengajaran. Dari sisi UGM, kerja sama ini dikaitkan dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kesempatan bagi mahasiswa bisa magang, sehingga mereka bisa merasakan kondisi riil di dunia nnyata bagaimana bekerja mengelola suatu institusi keuangan yang melayani calon jamaah haji dan memberi subsidi pada calon jamaah haji lainnya. Ini sangat relevan dengan misi kami mencetak calon pemimpin masa depan yang punya concern pada keberlanjutan atau sustainability,” katanya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement