Advertisement

UPN Veteran Yogyakarta Turut Bantu Tingkatkan Pelayanan di Kalurahan Bokoharjo

Media Digital
Senin, 04 September 2023 - 20:47 WIB
Arief Junianto
UPN Veteran Yogyakarta Turut Bantu Tingkatkan Pelayanan di Kalurahan Bokoharjo Aktivitas dosen UPN di Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN—UPN Veteran Yogyakarta sebagai institusi pendidikan selalu berupaya untuk ikut terlibat dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat melalui civitas academica yang dimiliki, di antaranya melalui program pengabdian bagi masyarakat (PbM). Kiprah para dosen dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini salah satunya dilakukan oleh Tim PbM di Kalurahan Bokoharjo, Prambanan, Sleman.

Tim PbM yang terdiri dari Dr. Meilan Sugiarto, M.Si. (dosen Jurusan Administrasi Bisnis FISIP) dan Dr. Machya Astuti Dewi, M.Si, (dosen Jurusan Hubungan Internasional FISIP) berkolaborasi dengan Herry Sofyan,M.Kom dan Sylvert Prian Tahalea, S.Si, M.Cs, (dosen Teknik Informatika FTI) berupaya mengembangkan Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kalurahan Bokoharjo sebagai mitra pengabdian.

Advertisement

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pemerintahan Kalurahan Bokoharjo terhadap masyarakat, terutama berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan, di mana masyarakat akan lebih mudah dan cepat dalam mengajukan dan memperoleh dokumen adminitrasi kependudukan yang dibutuhkan.

Selama ini, Kalurahan Bokoharjo, dijelaskan oleh Lurah Bokoharjo, Dody Heriyanto,SE, dan Carik Bokoharjo, Muh. Rosyid Akbar sudah menjalankan administrasi kependudukan dengan baik, sudah didukung oleh perangkat komputer tetapi masih bersifat stand alone dan masyarakat masih manual dalam mengajukan permohonan dokumen kependudukan dengan membawa dokumen yang dipersyaratkan dalam bentuk hardcopy.

Masyarakat juga belum bisa memonitor sejauh mana proses dokumen yang diajukan, sehingga harus pergi pulang ke kalurahan. Kondisi tersebut di era trasnformasi digital menjadi tidak efisien.

BACA JUGA: Mahasiswa Fakultas Ekonomi UPN Veteran Yogyakarta Dituntut Jadi Pengusaha Muda

Oleh karena itu, Tim PbM yang di-support oleh LPPM UPN Veteran Yogyakarta dan pamong Kalurahan Bokoharjo berfokus menjembatani kebutuhan tersebut dengan melakukan beberapa tahapan kegiatan mulai merancang sampai dengan membuat Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan berbasis online meliputi perancangan, proses, basis data, struktur menu, dan antarmuka pengguna.

SOP sebagai pedoman pengelolaan aplikasi sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis online juga disusun yang nantinya menjadi pedoman bagi pengguna. Pelatihan dan pendampingan pengelolaan aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan online dilakukan untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan pamong Kalurahan Bokoharjo sebagai administrator dan operator internal aplikasi.

Begitu pula dengan bimbingan teknis cara mengakses aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kependudukan online yang merupakan kegiatan terakhir untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan warga masyarakat.

Semua kegiatan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pelayanan secara berkelanjutan dari Kalurahan Bokoharjo dan bermanfaat bagi warganya dan semua pihak yang membutuhkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kecelakaan Maut Bus Pengangkut Rombongan SMK Depok di Subang Diduga Rem Blong

News
| Minggu, 12 Mei 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Hanya 85 Meter, Ini Perbatasan Negara Terkecil di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement