Advertisement

Disdikpora DIY Asah Bakat Siswa melalui Lomba Debat

Media Digital
Kamis, 19 Oktober 2023 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Disdikpora DIY Asah Bakat Siswa melalui Lomba Debat Suasana lomba debat bahasa Inggris tingkat DIY yang diselenggarakan Disdikpora DIY, Kamis (19/10/2023). - Harian Jogja - Yosef Leon Pinsker

Advertisement

JOGJA—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyelenggarakan Lomba Debat Bahasa Inggris selama dua hari pada Kamis- Jumat (19-20/10/2023). Kegiatan yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini bertujuan untuk mengasah keterampilan siswa SMA terhadap berbagai isu serta mengembangkan kemampuan minat bakat mereka.

Kepala Seksi SMA Disdikpora DIY, Supartini menjelaskan lomba debat bertajuk National School Debating Championship itu digelar tingkat DIY dan rutin dilaksanakan setiap tahun. Sebelumnya, para peserta menjalani seleksi di sekolah masing-masing di tingkat kabupaten dan kota untuk mengikuti lomba itu.

Advertisement

Total ada sebanyak lima tim yang berpartisipasi dengan satu tim terdiri dari tiga orang. "Semuanya campur di setiap tim tidak ada dari sekolah yang sama," katanya, Kamis (19/10/2023).

Menurut Supartini, para peserta lomba akan diuji ketangkasannya dalam menyampaikan gagasan dalam bahasa Inggris terhadap suatu isu tertentu yang sudah disiapkan dewan juri yang berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

BACA JUGA: Putaran II Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak Vs Indonesia, Ini Komentar Shin Tae-yong

Isu yang diangkat juga cukup luas mulai dari perkembangan terkini di tingkat nasional maupun Internasional. Nantinya, para peserta harus melewati babak kualifikasi penyisihan, semifinal dan final untuk menentukan juara 1, 2, dan 3.

"Mulai dari babak penyisihan mempertemukan wakil antar kabupaten dan kota. Setelah itu semifinal dan final untuk perebutan peringkat satu, dua dan tiga," katanya.

Dalam lomba debat tersebut para peserta sebelumnya telah menjalani seleksi penyaringan dari tingkat sekolah masing-masing. Di setiap sekolah yang mempunyai ekstrakurikuler debat akan digodok lagi di tingkat kabupaten dan kota untuk menjadi perwakilan setiap wilayah dalam lomba tingkat DIY.

"Sekolah memiliki ekstrakurikuler debat, nah dari sana kami mengadakan lomba dan mereka [peserta] sudah berlatih lama," katanya.

Setelah penetapan juara dalam lomba, panitia dan Disdikpora DIY akan memilih tiga pembicara terbaik yang nantinya akan dibina dan dilatih untuk dipersiapkan maju ke tingkat nasional dalam lomba yang sama. Mereka akan menjalani training camp di hotel dan menginap di sana untuk mempersiapkan diri. Tahun ini wakil DIY yang maju dalam lomba debat nasional harus terhenti di babak delapan besar.

"Pelaksanaan lomba debat nasional sudah berlangsung awal Oktober 2023. Harapan kami para pelajar ini punya pengalaman dan bekal dalam minat bakat bahasa Inggris serta menjadi wadah dalam mengasah keterampilan berbahasa mereka," katanya. (BC)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menteri Keamanan AS Sebut Terorisme Kembali Muncul dan Jadi Ancaman

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement