Advertisement

Mengembangkan Talenta Digital, GoTo, TikTok, dan UGM Berkolaborasi

Media Digital
Jum'at, 15 Desember 2023 - 20:07 WIB
Maya Herawati
Mengembangkan Talenta Digital, GoTo, TikTok, dan UGM Berkolaborasi Chief Technology Officer Grup GoTo, Herman Widjaja (kiri); Wakil Rektor UGM, Arief Setiawan Budi Nugroho (tengah); dan Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo (kanan) dalam acara penandatanganan nota kesepahaman di UGM, Sleman, Jumat (15/12 - 2023). /ist

Advertisement

SLEMAN—PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo), TikTok, dan Universitas Gadjah Mada (UGM) menjalin kerja sama dan kolaborasi untuk menciptakan dan mengembangkan talenta digital Indonesia.

Melalui pembentukan GoTo x TikTok x UGM Technology Center di Gelanggang Inovasi dan Kreativitas (GIK) UGM, kolaborasi ini akan menginisiasi berbagai kegiatan yang bisa diakses oleh mahasiswa UGM maupun luar UGM.

Advertisement

Kegiatan yang menjadi komitmen Grup GoTo dan TikTok ini mengeksplorasi banyak program, seperti kursus, pemagangan, pertukaran pekerja, perekrutan pekerja, dan lainnya. Semua upaya ini agar ekosistem digital di Indonesia bisa semakin mendukung talenta Indonesia bersaing secara global.

Chief Technology Officer Grup GoTo, Herman Widjaja, mengatakan pasar ekonomi digital di Indonesia terus bertumbuh. Grup GoTo merasa bersyukur bisa menjadi bagian dari masa yang baik ini di Indonesia. Terlebih, GoTo lahir dari para talenta anak bangsa. “Talenta Indonesia mumpuni secara kualitas untuk bersaing secara global. Harapannya, Indonesia bukan hanya sebagai pasar, tapi talenta digitalnya juga bisa luar biasa kinerja dan inovasinya. Saya percaya talenta Indonesia bisa dan akan mendunia,” kata Herman dalam acara penandatanganan nota kesepahaman di UGM, Sleman, Jumat (15/12/2023).

Direktur Eksekutif, E-Commerce, TikTok Indonesia, Stephanie Susilo, mengatakan menciptakan talenta digital Indonesia yang andal, inovatif, dan kompetitif termasuk komitmen TikTok dan Grup GoTo. Upaya ini sebagai kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Lantaran tidak bisa bertumbuh sendiri, maka TikTok mengajak berbagai pihak.

Kerja sama TikTok dengan UGM menjadi yang pertama kalinya platform digital itu berkolaborasi dengan sektor pendidikan. “Kami menantikan terlaksananya kerja sama lebih lanjut dengan Grup GoTo dan UGM dalam pemberdayaan talenta digital Indonesia,” kata Stephanie.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi UGM, Arief Setiawan Budi Nugroho, mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Grup GoTo dan TikTok. Dengan potensi masing-masing mitra, maka kerja sama bisa meningkatkan pertumbuhan dan kemajuan ekonomi digital Indonesia. Dalam Tridharma Perguruan Tinggi, ada unsur pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bisa dikerjakan bersama.

“Kolaborasi ini menjadi peluang dan tantangan besar. Universitas menjadi gudangnya para ahli dan talenta. Di sisi lain, perlu adanya implementasi keilmuan agar tidak hanya sebatas teori. Kami membuka kesempatan seluas-luasnya di semua program studi maupun pusat studi yang ada di UGM untuk membuat kegiatan yang riil,” kata Arief.

Eksplorasi kolaborasi dengan Grup GoTo dan TikTok tidak hanya terbatas pada program studi yang berhubungan dengan teknik, tapi juga ilmu sosial dan lainnya. Dalam pengembangan dunia digital, tetap perlu juga menganalisis masalah di masyarakat. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bappenas Sebut Telah Masukkan Program Makan Siang Gratis ke Dalam RKP 2025

News
| Senin, 06 Mei 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement