Advertisement

Artefak Nabi Muhammad Dipamerkan di Batam

Newswire
Sabtu, 16 Maret 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Artefak Nabi Muhammad Dipamerkan di Batam Salah satu artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW yang dipamerkan di Kota Batam (ANTARA - Jessica)

Advertisement

Harianjogja.com, BATAM—Sejumlah artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dipamerkan di Kota Batam, Kepulauan Riau dalam acara Batam Internasional Expo selama tiga hari dari 15-17 Maret 2024 di Taman Dang Anom.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata di Batam, Sabtu, mengatakan sejumlah artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW dipamerkan tersebut, yaitu rambut, darah bekam, potongan sorban, tanah makam, ekstrak keringat, hingga cambuk.

Advertisement

"Koleksi ini ada yang dari Yaman, Madinah, Mekah, dan tentunya ini artefak yang sangat bersejarah," ujar Ardi.

Ia menyampaikan dengan dihadirkannya pameran artefak peninggalan Rasulullah itu, dapat menjadi daya tarik masyarakat Kota Batam untuk meningkatkan kecintaannya kepada Nabi Muhammad SAW.

"Ini bagus untuk pelajar, siswa, mahasiswa, masyarakat umum. Inilah kekuatan Islam, pasti ada sesuatu yang luar biasa, artefak ini bisa terkumpul dan dijaga," ujar dia.

Ia mengatakan pameran tersebut merupakan yang pertama dilaksana di Kota Batam.

"Biasanya di Batam pamerannya soal pariwisata, investasi, perdagangan, UMKM. Tapi, ini yang pertama kali ekspo religi di Batam," kata Ardi.

BACA JUGA: Museum Nabi Muhammad Akan Dibangun di Depok  

Dengan begitu, ia mengajak masyarakat Batam untuk datang dan mengunjungi pameran Islamic Expo yang berada di lokasi bazar Wonderfood Ramadhan and Arts di Taman Dang Anom.

Panitia Penyelenggara Pameran, Muhammad Agung mengatakan artefak yang berjumlah 10 buah tersebut didatangkan dari Galeri Warisan MAR Malaysia dan telah dipamerkan di beberapa wilayah di Indonesia.

Ia menyampaikan keaslian dari seluruh peninggalan Nabi Muhammad SAW telah diyakini banyak ulama.

"Ulama kita yang sudah mendunia, yang ilmunya sangat alim, yang sangat mendalam tentang keislaman, beliau menyatakan ketika datang artefak yang sama dengan yang saat ini, beliau sangat takzim mencium, kemudian sangat terenyuh hatinya dan meneteskan air matanya. Ketika dilihat saja itu bergetar, itulah yang menunjukkan keaslian artefak Nabi Muhammad SAW, tidak ada yang bisa menjamin kecuali hati kita sendiri," ujar Agung.

Pengunjung yang ingin mendatangi pameran tersebut dikenakan biaya masuk Rp50 ribu, yang akan digunakan untuk wakaf pembebasan gedung pondok pesantren.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement