Advertisement

Peserta dari Beberapa Negara Ikuti De Britto International Youth Camp 2024

Sugeng Pranyoto
Selasa, 23 April 2024 - 13:47 WIB
Maya Herawati
Peserta dari Beberapa Negara Ikuti De Britto International Youth Camp 2024 Peserta dari Xavier School Cambodia tiba di Yogyakarta International Airport.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJASMA Kolese De Britto menggelar acara De Britto International Youth Camp (DIYC) 2024 dari Rabu (24/4/2024) hingga Senin (29/4/2024).

Dengan mengusung tema Holding Hand On Care for Our Common Home, kegiatan ini dilaksanakan bertempat di kompleks SMA Kolese De Britto dan Laboratorium Alam SMA Kolese De Britto, serta beberapa lokasi wisata budaya edukatif di Yogyakarta, antara lain Kebun Binatang Gembira Loka, Keraton Kesultanan Yogyakarta, dan Candi Prambanan.

Advertisement

Tim Humas DIYC 2024, HJ Sriyanto, menjelaskan kegiatan DIYC akan diikuti oleh para peserta dari berbagai negara, seperti Thailand, Kamboja, Filipina, hingga Macau.

"Melalui De Britto International Youth Camp 2024, SMA Kolese De Britto berupaya memfasilitasi pertemuan antara kaum muda dari berbagai negara untuk bertemu, mengembangkan rasa saling menghormati, memahami, dan sekaligus membangun jaringan global," kata Sriyanto seperti dalam keterangan tertulis kepada Harianjogja.com, Selasa (23/4/2024).

BACA JUGA: Seusai Lebaran, Harga Bawang Merah Jadi Mahal

Menurut Sriyanto, dengan mengambil tema “Holding Hands on Care for Our Common Home”, para peserta diajak untuk berbagi keprihatinan, memperdalam pemahaman tentang upaya-upaya merawat Bumi - rumah kita bersama, dan berjalan bersama dengan mereka yang rentan dan terpinggirkan. "Selain itu, melalui kegiatan ini SMA Kolese De Britto ingin mengenalkan budaya Indonesia kepada warga negara global," ujarnya.

Melalui serangkaian kegiatan yang dirancang dengan menarik dan menyenangkan, serta edukatif, SMA Kolese De Britto berharap dapat menginspirasi kolaborasi positif yang menciptakan dampak nyata dalam menjaga dan merawat bumi kita, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya kepedulian terhadap sesama manusia.

Sriyanto menambahkan rangkaian acara akan diadakan selama lima hari dengan fokus tema masing-masing.  “To Know and To Mingle” adalah tema di hari pertama yang berfokus kepada pengenalan dan adaptasi para peserta DIYC. Pada hari pertama ini peserta juga akan mengenal dan belajar Bahasa Indonesia. "Hari kedua dan ketiga yang bertemakan “To Listen & To Find” diisi dengan serangkaian kegiatan di berbagai tempat. Bertempat di Kebun Binatang Gembira Loka, peserta akan berdiskusi tentang persoalan konservasi lingkungan dan praktik pengelolaan sampah," jelasnya.

Peserta, kata Sriyanto, juga akan dikenalkan dengan batik dan sekaligus praktik membatik di Giriloyo. Selain itu, mereka akan beraktivitas bersama anak-anak di Pingit dan Bong Suwung. "Melalui serangkaian kegiatan tersebut diharapkan peserta mampu menemukan dan membangun kesadaran sosial dan ekologis," ungkapnya.

Pada hari keempat bertemakan “To Reflect” sebagai kegiatan akhir para peserta di luar kompleks SMA Kolese De Britto. Para peserta diajak untuk berkunjung dan berdialog bersama perwakilan keluarga Keraton Yogyakarta dan dilanjutkan kunjungan ke situs Candi Prambanan. "Hari kelima, hari terakhir dan perpisahan dengan tema “To Rejoice” yang akan dilaksanakan di Laboratorium Alam SMA Kolese De Britto," jelasnya.

Dengan adanya De Britto International Youth Camp diharapkan para peserta memiliki semangat pembaruan yang menggelora untuk terus memperjuangkan perubahan positif bagi dunia. SMA Kolese De Britto percaya bahwa melalui kolaborasi dan kerjasama, kita dapat menciptakan perubahan yang berarti dalam masyarakat global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pilpres 2024 Usai, Anis Ajak Masyarakat Aceh Lanjutkan Perjuangan Perubahan

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement