Advertisement

53 Dosen UMY Lolos Sertifikasi Microsoft Certified Educator Berskala Internasional

Media Digital
Kamis, 09 Mei 2024 - 20:47 WIB
Arief Junianto
53 Dosen UMY Lolos Sertifikasi Microsoft Certified Educator Berskala Internasional Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Microsoft Certified Educator (MCE) berskala Internasional di Lab. Komputer Gedung AR Fachruddin B Lt. II UMY. - Istimewa

Advertisement

BANTUL—Revolusi Industri 5.0 memberikan inovasi besar pada bidang pendidikan seperti penyediaan akses pendidikan yang lebih mudah dan fleksibel berbasis teknologi informasi (TI).

Oleh karena itu, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sangat concern dalam peningkatan kapasitas SDM dalam hal ini dosen melalui berbagai pelatihan dan sertifikasi yang berbasis TI. 

Advertisement

Pada Senin dan Selasa (6-7/5/2024), bertempat di UMY, 53 dosen UMY mengikuti pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi Microsoft Certified Educator (MCE) berskala Internasional.

Pelatihan sekaligus Sertifikasi Kompetensi ini diadakan dalam rangka untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia, khususnya dosen UMY.

Adapun, pelatihan tersebut telah diselenggarakan selama dua hari, pada Senin-Selasa di Lab. Komputer Gedung AR Fachruddin B Lt. II UMY.

Microsoft Certified Educator (MCE) merupakan sertifikasi internasional pendidik yang dikeluarkan oleh Microsoft. Tes ini menguji dan menyertifikasi kompetensi pendidik dalam mendesain pembelajaran abad ke-21.

Program ini tergolong baru dan Microsoft menyelenggarakan kegiatan sertifikasi kompetensi pendidikan ini untuk peningkatan kompetensi dosen, seperti penguasaan ICT, desain pembelajaran, dan teknologi pembelajaran berbasis TI.

Wakil Rektor Bidang SDM UMY, Prof. Dr. Nano Prawoto, S.E., M.Si mengatakan bahwa, tercatat 53 dosen lolos tersertifikasi MCE. Hal ini membuktikan bahwa dosen UMY dapat beradaptasi dengan kemajuan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih baik.

Rencananya UMY akan melanjutkan  kembali program tersebut di semester depan. “Sertifikasi kompetensi MCE ini menjadi kebutuhan bagi dosen terutama di abad-21. Dengan kelulusan 53 dosen ini menunjukkan bahwa UMY memang universitas yang memilki SDM yang unggul dan adaptif serta concern dalam meningkatkan kapasitas dosen terutama yang berbasis TI,”  ucap Nano saat ditemui tim humas pada Rabu (8/5/2024).

BACA JUGA: UMY Akan Masukkan Mata Kuliah AI ke Semua Prodi

Menurut Kepala LPK SDM UMY, Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos, M.Si, terdapat enam kompetensi desain pembelajaran yang diujikan dan disertifikasi.

Kompetensi tersebut meliputi kompetensi mendesain pembelajaran berbasis collaboration, skilled communication, knowledge construction, self-regulation, real world problem solving and innovation, and use of ICT for learning.

Sebelum mengikuti tes, peserta mendapatkan training selama 1,5 hari dan tes MCE ini sendiri berlangsung selama 1 jam dengan 40 soal. Adapun soal berupa studi kasus pembelajaran.

“Dalam training itu disampaikan beberapa contoh kasus yang berkaitan kompetensi abad ke-21. Misalnya, perkembangan teknologi pembelajaran, desain pembelajaran, ICT, Ini merupakan bukti konkret bahwa UMY sangat concern dan memiliki perhatian yg tinggi terhadap pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM di bidang TI.” 

Selain itu Adhianty juga menambahkan pada 7 Feb 2024 lalu UMY juga telah melatih dan mensertifikasi 40 tenaga kependidikan (tendik) di bidang TI lulus tersertifikasi kompetensi operator komputer muda tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kini Sertifikat dan Notifikasi Imunisasi Dapat Diakses secara Digital

News
| Senin, 20 Mei 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement