Advertisement

Dusun Jelapan Bantul Dilatih Tim KKN-PPM UMY untuk Produksi & Pasarkan Batik Ecoprint

Media Digital
Jum'at, 31 Januari 2020 - 21:27 WIB
Budi Cahyana
Dusun Jelapan Bantul Dilatih Tim KKN-PPM UMY untuk Produksi & Pasarkan Batik Ecoprint Tim KKN-PPM UMY memberikan pelatihan produksi batik ecoprint kepada warga Dusun Jelapan, Pundong, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di bawah bimbingan Barbara Gunawan, dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, mengadakan pelatihan pembuatan dan pemasaran batik ecoprint serta pemetaan Dusun Jelapan, Pundong, Bantul.

Melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Jumat (31/1/2020), Barbara mengatakan rangkaian pelatihan itu diikuti 30 warga Dusun Jelapan.

Advertisement

“Tujuan program pengabdian ini adalah membantu meningkatkan nilai ekonomi masyarakat dari penjualan batik ecoprint . Sementara, pemetaan dilakukan agar masyarakat mengetahui tata letak Dusun Jelapan,” kata Barbara.

Menurut dia, sumber daya alam di Dusun Jelapan bisa dimanfaatkan menjadi batik ecoprint agar  ibu-ibu dan remaja putri di dusun tersebut dapat mengisi waktu dengan kegiatan bermanfaat yang menambah penghasilan.

“Pelatihan dan pendampingan pengemasan batik ecoprint bertujuan agar warga bisa membuat merek dan kemasan batik ecoprint sehingga menarik minat pembeli. Kami juga memberikan pelatihan pemasaran agar warga mampu memasarkan dan menjual produk mereka,” kata dia.

Tim KKN-PPM UMY di Dusun Jepalan juga memberikan pendampingan belajar untuk anak-anak PAUD, TK, dan TPA.

“Kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. KKN diikuti 10 mahasiswa, berlangsung dari 6 Januari sampai dengan 6 Februari 2020. KKN ditutup dengan pentas seni dan pengajian,” ucap Barbara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement