Advertisement

UMY Latih Peternak Sapi di Nambangan Bantul Cara Mengolah Kotoran Menjadi Pupuk & Biogas

Media Digital
Senin, 03 Februari 2020 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Latih Peternak Sapi di Nambangan Bantul Cara Mengolah Kotoran Menjadi Pupuk & Biogas Tim PKM UMY di Dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, akan mengadakan pendampingan produksi dan pemasaran pupuk organik dari kotoran sapi.

Penanggung jawab PKM UMY di Dusun Nambangan, Barbara Gunawan, mengatakan kegiatan ini rencananya diikuti 25 anggota kelompok peternak sapi dusun setempat.

Advertisement

“Ada tiga jenis kegiatan. Pertama, penyuluhan kepada kelompok peternak sapi yang terdapat di Dusun Nambangan tentang pencemaran lingkungan oleh limbah kotoran sapi dan  cara penanganan limbah kotoran sapi. Kedua, pelatihan dan pendampingan produksi pupuk organik dan biogas. Ketiga, pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran,” kata Barbara, dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Minggu (2/2/2020).

Barbara mengatakan pelatihan manajemen dan pemasaran akan disampaikan oleh  tim marketing dari UMY. Peserta pelatihan adalah warga terutama peternak sapi yang ada di Dusun Nambangan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi dari kotoran sapi dan akan menghasilkan pupuk bagi tanaman yang bisa dimanfaatkan warga Nambangan. Ini adalah kegiatan yang paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan dusun,” ujar Barbara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Lokasi dan Harga Tiket Museum Dirgantara Jogja, Cek di Sini

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement