Advertisement

Tim KKN UMY Bantu Perbaiki Alat Kesehatan di Puskesmas Saptosari Gunungkidul

Media Digital
Senin, 10 Februari 2020 - 17:32 WIB
Budi Cahyana
Tim KKN UMY Bantu Perbaiki Alat Kesehatan di Puskesmas Saptosari Gunungkidul Tim KKN-PPM UMY mengadakan kegiatan di Puskesmas Saptosari, Gunungkidul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat program peningkatan kesehatan masyarakat melalui perbaikan dan inovasi alat kesehatan di Puskesmas Saptosari, Gunungkidul, 6 Februari 2020.

“Perbaikan peralatan kesehatan masyarakat ini diikuti 30 tenaga medis Puskesmas Saptosari,” kata Wisnu Kartika, dosen D3 Teknologi Elektromedis UMY sekaligus dosen pembimbing lapangan tim KKN-PPM UMY, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Minggu (9/2/2020).

Advertisement

Kegiatan itu diawali dengan survei lokasi oleh tim KKN yang berdiskusi dengan Kepala Puskesmas Saptosari, Ridwan, sebelum menentukan kapan kegiatan dilaksanakan.

“Kami kemudian sepakat program KKN-PPM UMY diadakan di Puskasmas Saptosari pada 6 Februari 2020. Pada tanggal tersebut, perbaikan alat kesehatan juga diikuti oleh 10 anggota tim KKN Kelompok 113, satu perwakilan tim KKN Kelompok 046, dosen, laboran, dan mahasiswa semester IV D3 Teknologi Elektromedis,” kata Wisnu.

Menurut dia, dalam proses perbaikan, tim menemukan masalah pada sterilisator yang selama ini tidak dapat digunakan. Alat ini membuat listrik mati pada sumber tegangan PLN. Setelah diperiksa, ternyata sterilisator ini bekerja pada tegangan 220 V AC dan aliran listrik pada lantai kedua Puskesmas Saptosari tidak mencapai 220 V AC.

“Saran dari tim kami adalah menggunakan genset yang tersedia. Ketika menggunakan genset, alat tersebut dapat bekerja dengan baik. Tim kami juga menyarankan apabila alat ECG tersebut dipakai pada pagi hari, elektrodanya dibersihkan pada sore hari supaya elektroda lebih awet,” ujar Wisnu.

Ridwan, Kepala Puskesmas Saptosari, menyampaikan terima kasih karena dibantu memperbaiki peralatan kesehatan yang ada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pembangunan TPS Sementara Gadingsari di Bantul Jalan Terus, Lahan Masih Dibersihkan

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement