Advertisement

UMY Dorong Pembentukan Shodaqoh Sampah untuk Atasi Limbah di Karangsari Wonosobo

Media Digital
Senin, 10 Februari 2020 - 18:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Dorong Pembentukan Shodaqoh Sampah untuk Atasi Limbah di Karangsari Wonosobo UMY membantu pengelolaan sampah di Dusun Karangsari, Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, WONOSOBO—Tim Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu mengatasi persoalan sampah di Dusun Karangsari, Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, melalui konsep Shodaqoh Sampah.

Aris Slamet Widodo, dosen Agribisnis, Fakultas Pertanian UMY, yang menjadi dosen pembimbing lapangan mengatakan rangkaian kegiatan diawali dengan penyuluhan kepada 70 kader PKK Dusun Karangsari pada 12 Januari 2020.

Advertisement

“Materinya tentang sampah rumah tangga yang menjadi limbah dan tidak mendapatkan penanganan yang baik sehingga merusak lingkungan. Hasil dari penyuluhan ini, 10 kader masyarakat bersedia untuk membentuk pengelola Shodaqoh Sampah,” kata Aris melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Minggu (9/2/2020).

Selanjutnya, pengurus Shidaqoh Sampah dilantik. Aris juga memberikan pelatihan penguatan kelembagaan dan alur kerja Shodaqoh Sampah. Kegiatan itu dihadiri Kepala Desa Karangsari, Camat Sapuran, PKK kecamatan dan desa, serta perangkat desa dan perwakilan organisasi Aksi Peduli Linggkungan (Appel) Wonosobo.

“Pelantikan ditandai dengan penandatanganan surat komitmen pengelola Shodaqoh Sampah dan pemberian penghargaan sertifikat kepada pengelola dari Desa Karangsari yang diketahui Dinas Lingkungan Hidup Wonosobo. Kader masyarakat Desa Karangsari mengaku sudah menunggu program ini sejak lama, sehingga antusias dan berkomitmen menjalankan program Shodaqoh Sampah,” ucap Aris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement